Mohon tunggu...
Nurul Izzah
Nurul Izzah Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

purple

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Reapply Sunscreen Itu Penting lho

4 Januari 2022   23:26 Diperbarui: 4 Januari 2022   23:56 190
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Apa sih sunscreen? Memang seberapa pentingnya me-reapply sunscreen atau tabir surya?

Belakangan ini saya sering kali mendengar pertanyaan akhir-akhir ini sedang ditanyakan oleh teman-teman saya. Memang seberapa pentingnya, sampai harus me-reapply sunscreen?

Sunscreen atau tabir surya merupakan lotion yang berfungsi untuk melindungi kulit wajah dari bahaya paparan sinar matahari. Sunscreen ini menjadi salah satu produk perawatan kulit yang harus dimiliki setiap kali Anda menggunakan produk perawatan kulit dan merupakan bahan penting dalam setiap rutinitas perawatan kulit.

"Sebenernya, ketika gue di sekolah dan jauh dari rumah pun, gue sama sekali ga pernah pakai sunscreen dan gue ga tau kalau itu sangat penting." Lala, mahasiswi pendidikan sosiologi semester 3, saat saya menanyakan Lala soal mengenai penggunaan sunscreen atau bisa dibilang tabir surya. Lala juga menambahkan, saat masih sekolah, Lala sering merasakan kulitnya cepat sekali menjadi kusam, padahal Lala sangat rajin menggunakan langkah perawatan kulit lainnya.

"Dalam 4 bulan terakhir gue udah ngabisin 3 botol sunscreen buat diri gue sendiri, ini tuh karena konten di fyp tiktok gue yang seakan-akan nyuruh gue buat selalu reapply sunscreen, bisa sampai 2 sampai 3 kali me-reapply sunscreen. Gue jadinya rajin banget me-reapply sunscreen. Selain itu, gue kan juga kuliah offline dan sering banget berada di luar rumah saat siang dan sore, yang mana sinar pada siang selalu terik sekali, nah hal itu yang justru mengharuskan gue rajin me-reapply sunscreen dan itulah yang menjadikan me-reapply sunscreen ini kegiatan yang suatu keharusan gue lakukan," kata Lala. 

Di sebelah kanan, Rina yang ikut nimbrung dalam perbincangan kami: "Kalo gue sih udah merasakan perubahannya, di mulainya dengan bekas jerawat gue yang udah mulai memudar, kemerahannya yang ada di pipi gue juga berkurang, beberapa dark spot di wajah gue sudah hampir sama dengan kulit wajah gue . Pokoknya skin barrier gue Alhamdulillah udah membaik." Kata Rina. salah seorang mahasiswi pendidikan sosiologi juga.

Jadi siapa yang harus menggunakan sunscreen?

Memakai sunscreen tidak hanya berlaku untuk wanita muda saja, tetapi mulai dari anak umur 14 tahun ke atas, untuk ibu, ayah, dan pria muda. 

Saat menggunakan sunscreen ini, sangat penting untuk menggunakannya saat Anda berada di luar ruangan ataupun berada di dalam ruangan karena sinar matahari masih dapat menembus lewat sela-sela rumah, bisa melalui kaca jendela, sehingga sangat dianjurkan untuk menggunakan sunscreen dan dapat menyinari di dalam ruangan, belum lagi saat Anda yang berada di luar ruangan.

Bagaimana cara menggunakan sunscreen itu?

Cara pakainya yaitu aplikasikan dengan mengoleskan setelah langkah perawataan scincare pagi, lalu oleskan sunscreen secara merata dengan takaran dua ruas jari tangan, jari telunjuk dan jari tengah, oleskan secara merata pada wajah dan leher. Kapan waktu yang tepat untuk mereapply sunscreen? 2 sampai 3jam setelah Anda menggunakan Sunscreen, misalnya Anda menggunakan Sunscreen pada jam 8 pagi, Anda bisa mereapply lagi pada jam 10 sampai 11 siang, dan saat sore pun harus me-reapply sunscreen. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun