Mohon tunggu...
Nurul Hidayati
Nurul Hidayati Mohon Tunggu... Guru - guru Bahasa Inggris di SMPN 1 Kabupaten Serang, Prov. Banten

Seorang ibu guru yang berusaha sebaik baiknya menjadi seseorang yang bermanfaat bagi sekitarnya

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Koneksi Antar Materi Modul 1.4

16 Oktober 2023   06:30 Diperbarui: 16 Oktober 2023   07:36 241
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 1.4

BUDAYA POSITIF

Oleh : Nurul Hidayati, S.Pd

Calon Guru Penggerak Angkatan 9 Kabupaten Serang

 

Mempelajari modul 1.4 mengenai budaya positif telah memberikan pengalaman yang sangat berharga bagi saya. Dari modul tersebut, saya memperoleh pemahaman mendalam tentang konsep disiplin. Kita sering mengaitkan disiplin dengan tindakan yang dilakukan demi mematuhi suatu aturan, sehingga sering kali kata "disiplin" menciptakan persepsi yang kurang menyenangkan.

Menurut Ki Hajar Dewantara, keberadaan disiplin yang kuat adalah prasyarat penting dalam mencapai kemerdekaan. Meskipun disiplin tersebut bersifat "self-discipline," yang berarti kita memaksa diri sendiri dengan ketegasan, namun prinsipnya tetap sama. Jika kita tidak mampu melaksanakan self-discipline, maka orang lain atau pihak eksternal mungkin perlu untuk membimbing kita. Prinsip semacam itu harus ada dalam suasana yang bebas.

Sebagai pendidik, tujuan utama kita adalah menciptakan siswa yang memiliki disiplin diri dan motivasi intrinsik, bukan ekstrinsik. Modul 1.4 juga memberikan wawasan tentang nilai-nilai kebajikan universal yang telah diperkenalkan sebelumnya dalam modul 1.3.  Nilai-nilai ini merupakan landasan utama dari perilaku kita, tanpa memandang perbedaan suku, agama, bahasa, dan latar belakang.

Dalam modul ini, saya juga mempelajari tiga motivasi di balik disiplin seseorang.

Pertama, motivasi untuk menghindari ketidaknyamanan atau hukuman, hal ini bersifat eksternal. Kedua, motivasi untuk mendapatkan penghargaan atau apresiasi dari orang lain, juga bersifat eksternal.

Ketiga, motivasi untuk menjadi individu yang diinginkan dan menghargai diri sendiri melalui nilai-nilai yang diyakini, dan hal inilah yang merupakan motivasi intrinsik yang diharapkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun