Mohon tunggu...
NURUL HIKMAH HERAWATI
NURUL HIKMAH HERAWATI Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hallo, saya Nurul Hikmah Herawati biasa di panggil Nurul berasal dari Universitas Tarumanagara Jakarta.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Evaluasi Pemasaran Organisasi BEM FEB UNTAR Melalui Rangkaian Acara National Seminar dan Career Development Days (NSCD)

19 September 2023   20:25 Diperbarui: 19 September 2023   20:30 160
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi Promosi NSCD melalui BEM FEB UNTAR 

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Tarumanagara (Untar) memiliki peran yang penting dalam meningkatkan pengalaman mahasiswa dan memberikan manfaat kepada anggota FEB. Salah satu inisiatif utama BEM FEB Untar adalah penyelenggaraan National Seminar and Career Development Days (NSCD), sebuah rangkaian acara yang bertujuan untuk memberikan wawasan dan peluang karier kepada mahasiswa. "Acara NSCD  diadakan dengan tujuan menghubungkan perusahaan penyedia kerja dengan para pencari kerja, juga menyediakan expo yang berisi booth menarik untuk dihadiri," kata Septia.

Pemasaran acara adalah tahap kritis dalam memastikan kesuksesan NSCD. Oleh karena itu, evaluasi atas upaya pemasaran yang telah dilakukan menjadi langkah penting dalam memperbaiki dan meningkatkan kualitas acara di masa depan.Tujuan pemasaran NSCD adalah aspek pertama yang harus dievaluasi. Apakah tujuan pemasaran tersebut mencakup peningkatan partisipasi mahasiswa, penarikan sponsor, atau penciptaan citra positif untuk acara? Setelah tujuan tersebut ditetapkan, evaluasi akan mempertimbangkan sejauh mana tujuan tersebut telah tercapai. 

Sebagai contoh, apakah jumlah partisipan mencapai target yang telah ditetapkan? Selanjutnya, strategi pemasaran yang telah diterapkan harus dianalisis secara mendalam. BEM FEB Untar mungkin telah menggunakan berbagai strategi seperti penggunaan media sosial, promosi di kampus, dan kerjasama dengan pihak sponsor. Pertanyaan yang perlu dijawab adalah apakah strategi-strategi ini efektif dalam mencapai tujuan pemasaran yang telah ditetapkan. Evaluasi ini juga akan mencari potensi strategi alternatif yang dapat meningkatkan efektivitas pemasaran di masa mendatang.

Penggunaan media sosial, yang menjadi elemen penting dalam pemasaran modern, juga perlu dievaluasi. Bagaimana BEM FEB Untar menggunakan platform-media sosial seperti Instagram, Facebook, atau Twitter untuk mempromosikan NSCD? Apakah penggunaan media sosial ini telah mencapai target audiens yang diinginkan dan menghasilkan interaksi yang positif?

Kemudian, aspek pelaksanaan praktis dari pemasaran juga harus dievaluasi. Apakah anggaran yang dialokasikan untuk pemasaran telah digunakan secara efisien? Apakah kolaborasi dengan sponsor dan partner media berjalan lancar dan sesuai dengan harapan?Evaluasi pemasaran NSCD adalah langkah penting dalam meningkatkan kualitas acara ini di masa depan. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang apa yang telah berhasil dan di mana ada potensi perbaikan, BEM FEB Untar dapat terus mengembangkan NSCD menjadi sebuah acara yang lebih sukses dan berdampak positif bagi mahasiswa FEB Untar.

Selain aspek-aspek yang telah disebutkan di atas, evaluasi pemasaran NSCD juga dapat mencakup pengumpulan umpan balik dari peserta acara. Pendapat dan pengalaman mereka dalam mengetahui, mendaftar, dan berpartisipasi dalam NSCD dapat memberikan wawasan berharga. Survei pascacara atau wawancara dengan peserta dapat digunakan untuk mengevaluasi sejauh mana pemasaran mencapai audiens target dan apa yang mungkin perlu ditingkatkan.Dalam hal hubungan dengan sponsor dan mitra media, evaluasi juga mencakup sejauh mana kesepakatan dan kontrak telah dipenuhi. Apakah sponsor mendapatkan nilai yang dijanjikan dalam bentuk promosi dan visibilitas? Bagaimana respons dari mitra media terhadap promosi acara?

Selain itu, evaluasi dapat membantu BEM FEB Untar untuk merencanakan perbaikan dan peningkatan pemasaran di masa mendatang. Apakah ada peluang untuk lebih memanfaatkan tren pemasaran digital yang sedang berkembang? Bagaimana meningkatkan daya tarik acara melalui strategi pemasaran yang lebih kreatif? Dalam kesimpulannya, evaluasi pemasaran NSCD oleh BEM FEB Untar adalah langkah penting dalam memastikan acara ini mencapai potensi penuhnya dan memberikan manfaat yang optimal bagi mahasiswa FEB Untar. Dengan pengertian yang lebih baik tentang apa yang telah berhasil dan apa yang perlu ditingkatkan, BEM FEB Untar dapat terus mengembangkan dan memperbaiki upaya pemasaran mereka, memastikan bahwa NSCD tetap menjadi salah satu acara yang dinanti-nantikan oleh mahasiswa dan pemangku kepentingan lainnya di masa depan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun