pembahasan mengenai perkembangan manusia dititikberatkan pada usia dalam kaitan nya dengan perubahan perubahan fisik, kognitif, dan sosial yang terjadi sepanjang rentang kehidupan. perkembangan kognitif secara spesifik difokuskan pada perubahan dalam cara berfikir, memecahkan masalah, memori dan intelegensi.
perkembangan kognisi sepanjang masa rentang kehidupan individu pertamakali dirintis oleh penelitian Jean Piaget telah banyak diketahui, masih sedikit yang mengetahui tentang kehidupan Vygotsky. Hal ini akan disinggung dalam bagian perkembangan kognitif ini.
- Asimilasi dan akomodasi Piaget
prinsip-prinsip umum bagi Piaget dua prinsip utama dalam perkembangan kognitif adalah organisasi dan adaptasi.
1. Organisasi (Organization) mengacu pada sifat dasar struktur mental yang digunakan untuk mengeksplorasi dan memahami dunia. pikiran dalam prespektif Piagetbersifat terstruktur atau terorganisasi mengingat kompleksitasnya, dan terigretasi. tingkat berfikir yang paling sederhana adalah skema, yaitu representasi mental beberapa tindakan (fisik maupun mental) yang dapat dilakukan terhadap objek.
2. Adaptasi (Adaptation) mencakup dua proses, yaitu asimilasi dan akomodasi. Asimilasi yaitu proses perolehan informasi dari luar dan pengasimilasinya dengan pengetahuan dan perilaku kita sebelumnya. pada bayi dunianya lebih banyak dipengaruhi oleh benda-benda fisik, dan skema pertamanya adalah memasukan benda-benda tersebut kedalam mulutnya. Akomodasi meliputi proses perubahan adaptasi skema lama untuk memproses informasi dan objek-objek baru dilingkingannya, misalnya ketika bayi semakin besar dan mobilitasnya meningkat mereka akan mendekati meja kopi. benda ini sangat besar untuk dimasukan kemulutnya (sekema lama).
- Pikiran dalam Masyarakat Vygotsky
Sekalipun Vygotsky dan Piaget hidup sezaman dan sama-sama tinggal di Eropa, mereka tidak pernah bertemu. Merekapun tidak saling tahu mengenai karya masing-masing. Tetapi Vygotsky lebih dahulu mengenal Piaget. Terdapat kemiripan dan perbedaan teori di antara kedua ahli ini.
Tahap-tahap perkembangan Vygotsky mengamati cara anak memilah-milah objek, seperti memilih balok yang berbeda ukuran, warna, dan bentuk. Proses pemilihan tampak berantai dan berubah-ubah. Berdasarkan observasi, Vygotsky berpikir bahwa anak melalui tiga tahapan dalam perkembangan konseptual, yaitu :
1. pembentukan konsep tematik dimana nilai antara objek sangat penting
2. pembentukan kosep berantai (sebagaimana telah dibahas sebelumnya)
3. pembentukan konsep abstrak yang menyerupai pembentukan konsep pada orang dewasa.
perkembangan saraf
pendekatan neurosainskognitif pada psikologi kognitif perkembangan menekankan pada perkembangan otak dan persamaannya dengan perubahan kognitif. perkembangan biologis otak baik pranatal, maupun post-natal secara inheren melibatkan perkembangan kognitif. proses kognitif yakni seperti preseepsi, memori, pembayangan (imagery), bahasa, berfikir dan pemecahan masalah didasarkan pada struktur dan proses-proses neurologis.