Dalam masa pandemi seperti ini pendidikan dilakukan di rumah secara daring atau pembelajaran di rumah ,selama pembelajaran di rumah guru memberikan tugas melalui pesan online melalui wathsApp yang di bagikan guru, banyak sekali teknik-teknik pembelajaran dalam mengevaluasi peserta didik, ada beberapa teknik yang bisa dilakukan pendidik untuk menyampaikan pembelajaran dan mengevaluasi peserta didik, pengajaran hanya dilakukan melalui online , pendidik hanya bisa menyampaikan pembelajaran dengan tatap muka melalui goggle meet atau zoom saja.
Sebelum melanjutkan pembahasan ,mari kita cari tahu dulu apa yang dimaksud dengan kegiatan evaluasi dan apa itu teknik-teknik evaluasi.
Kegiatan evaluasi merupakan suatu kegiatan yang harus dilakukan sepanjang proses pembelajaran di mana pun, kapan pun dan siapa pun. Hampir setiap guru melakukan evaluasi terhadap peserta didiknya, namun juga tidak setiap guru melakukan kegiatan evaluasi sebagaimana harusnya sehingga hasilnya sesuai dengan tujuan yang menjadi tolak ukur dari suatu kegiatan pembelajaran (Sujiono 2010:200),
Teknik evaluasi merupakan alat untuk mengevaluasi hasil belajar ada beberapa teknik mengevaluasi seperti tes dan non tes, dalam penilaian teknik yang digunakan dapat digunakan secara bersama-sama untuk saling melengkapi.
Namun dalam masa pandemi seperti ini evaluasi pembelajaran yang sering digunakan seperti evaluasi berbasis portofolio dengan mengirimkan tugas via whatsapp, namun ada juga teknik percakapan yang mampu digunakan di gunakan dalam mengevaluasi pembelajaran.
Dapat diartikan teknik percakapan ialah suatu teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh pendidik untuk mendapatkan informasi tentang pengetahuan atau penalaran anak mengenai suatu hal dengan secara langsung secara tatap muka dengan guru.
Teknik percakapan ini bisa dilakukan dengan cara pendidik bercerita atau mendongeng dan juga bisa dilakukan dengan tanya jawab antara pendidik dan peserta didik dalam teknik ini pendidik saat mengevaluasi sejauh mana peserta didik memahami sampai mana pengetahuan peserta didik dalam suatu hal. Namun dalam pandemi saat ini tatap muka secara langsung dengan pendidik di sekolah tidak diberlakukan dikarenakan masih pandemi covid 19 aturan dari pemerintah masih diberlakukan sekolah secara daring namun hal ini bisa diatasi oleh pendidik , pembelajaran tatap muka bisa dilakukan melalui zoom meeting atau dengan menggunakan goggle meet secara online pada zaman sekarang sudah canggih semua bisa dijangkau dengan jarak jauh , dengan menggunakan zoom meeting pendidik bisa saling berinteraksi, pendidik bisa saling tanya kepada peserta didik tentang tema yang dipelajari hari itu dan pendidik tahu apakah peserta didik mampu menerima pelajaran dan memahami pelajaran tersebut, pendidik dapat menilai dari awal pembelajaran mulai dari berdoa, lalu menirukan apa yang pendidik bicarakan seperti guru menyebutkan nama-nama hewan lalu anak-anak menyebutkan ulang nama-nama hewan tersebut akankah anak mampu menirukan, dari situ pendidik tau bisa diilai dari cara anak melafalkan dari mimik wajah , tidak hanya itu pendidik juga bisa menunjuk peserta didik untuk menyebutkan suatu benda sepeti salah satu benda mati ketika anak berpikir guru mampu melihat bagaimana anak yang cepat tanggap dan yang kurang tanggap, selain itu anak- anak juga bisa untuk di ajak bernyanyi bersama guru akan mengetahui bagaimana anak yang aktif dan anak yang hanya diam saja hanya mendengar dan tidak ikut bernyanyi.
Teknik percakapan ini dapat digunakan oleh pendidik untuk memantau perkembangan bahasa, kognitif dan sosial emosional pada anak.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H