Paradigma pendidikan sosial emosi (SEL) berfokus pada perkembangan seluruh siswa melalui koneksi antara sekolah, keluarga, dan komunitas. Tujuan utama SEL adalah untuk membantu anak-anak dan dewasa belajar sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang diperlukan untuk membangun identitas sehat, mengelola emosi, mencapai tujuan pribadi dan kolektif, merasakan dan menunjukkan empati terhadap orang lain, dan membangun dan mengembangkan hubungan sosial.
Konsep SEL
Menurut Kolaborasi untuk Pembelajaran Akademis, Sosial, dan Emosi (CASEL), SEL adalah proses di mana anak muda dan dewasa belajar dan menerapkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap untuk membangun identitas sehat, mengelola emosi, mencapai tujuan pribadi dan kolektif, merasakan dan menunjukkan empati terhadap orang lain, membangun dan mempertahankan hubungan yang mendukung, dan membuat keputusan yang bertanggung jawab dan peduli.
Domain Utama SEL
Dalam lima domain utama, yaitu
1. Pengetahuan diri: Kemampuan untuk memahami dan mengendalikan perasaan sendiri, serta mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan diri sendiri.
2. Manajemen diri: Kemampuan untuk mengendalikan keinginan dan perilaku, menjadi jujur, dan bertindak sesuai dengan nilai-nilai.
3. Pengetahuan Sosial: Kemampuan untuk memahami dan menghargai orang lain.
4. Manajemen hubungan: Kemampuan untuk bekerja sama dan berinteraksi dengan orang lain.
5. Membuat keputusan yang bertanggung jawab: kemampuan untuk membuat keputusan yang baik serta menyelesaikan masalah secara efektif baik dalam kelompok maupun secara individual.
Implementasi SEL melalui PATHS dan emosional