Mohon tunggu...
Nurular adfresh
Nurular adfresh Mohon Tunggu... Freelancer - Tuangkan ceritamu

Haii.. baca yuk.. dan dapatkan informasi terbaru mengenai teknologi dan bisnis

Selanjutnya

Tutup

Money

Seberapa Penting Layanan Customer Support Sebuah Bisnis?

18 Agustus 2021   10:55 Diperbarui: 18 Agustus 2021   10:58 266
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Seberapa Penting Layanan Customer Support Sebuah Bisnis ? Memilih suatu layanan pasti ada beberapa hal yang harus diperhatikan, selain dari outputnya, umumnya seseorang akan melihat dari pelayanana yang diberikan. Salah satunya dalam hal layanan customer support atau biasa kenal dengan customer service.

Layanan untuk membantu pelanggan ini sangat memengaruhi user experience layanan tersebut. Pengaruh CS sangat kuat untuk memberikan kepuasan kepada pelanggannya. Jadi bukan hanya output, support pelanggan juga diperhitungkan dalam memilih layanan.

Hari ini mari kita membahas pentingnya CS dalam sebuah layanan. Berikut penjelasannya

Customer Service 

CS merupakan bagian penghubung antara customer dengan pusat layanan. Untuk mengetahui apa yang pelanggan butuhkan, pelanggan rasakan dan bahkan untuk membantu penyaluran informasi kepada pelanggan.

CS merupakan telinga dari pusat layanan sehingga jika ada kritik dan saran dari pelanggan, mereka bisa mengetahuinya, hal ini tentunya sangat penting untuk melakukan perbaikan dan inovasi layanan.

Di zaman sekarang layanan customer ini hadir dengan berbagai perantara, tidak hanya via telepon saja namun juga untuk muncul via chat maupun sosial media. Semakin meningkatnya teknologi, kemudahan yang didapatkan juga semakin meningkat.

Tugas Utama Customer Service 

CS memiliki beberapa tugas utama dalam menjalankan pekerjaannya. Beberapa diantaranya adalah

1. Komunikator 

Fungsi komunikator ini adalah sebagai media penghubung antara pelanggan dan layanan. Dimana tugasnya adalah penyaluran informasi untuk pelanggan, memberikan arahan kepada pelanggan dan menjawab jika ada pertanyaan pelayanan dari pelanggan

Disini CS memiliki fungsi dua arah, yaitu menyampaikan informasi dari layanan ke pelanggan dan dari pelanggan ke layanan. Sehingga pertukaran informasi bisa terjadi. Pertukaran informasi ini membuat layanan menjadi lebih update dengan keadaan di lapangan, misalnya megetahui kekurangan, keinginana pelanggan, layanan yang paling disukai dan lain sebagainya.

Sebagai komunikator hendaknya CS memiliki pelayanan yang prima kepada pelanggan dalam hal kecepatan membalas pesan dan juga kesesuaian informasi yang disampaikan, sehingga pelanggan bisa segera melakukan tindakan atau informasinya bisa membantu pelanggan Ketika sedang menghadapi kendala.

Salesman 

Selain membantu menjawab kebutuhan dari pelanggan, CS juga sangat membantu dalam hal penjualan atau marketing. Dimana mereka bisa memberikan ajakan untuk menarik pelanggan agar pelanggan menggunakan produk/layanan tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun