Seberapa Penting Layanan Customer Support Sebuah Bisnis ? Memilih suatu layanan pasti ada beberapa hal yang harus diperhatikan, selain dari outputnya, umumnya seseorang akan melihat dari pelayanana yang diberikan. Salah satunya dalam hal layanan customer support atau biasa kenal dengan customer service.
Layanan untuk membantu pelanggan ini sangat memengaruhi user experience layanan tersebut. Pengaruh CS sangat kuat untuk memberikan kepuasan kepada pelanggannya. Jadi bukan hanya output, support pelanggan juga diperhitungkan dalam memilih layanan.
Hari ini mari kita membahas pentingnya CS dalam sebuah layanan. Berikut penjelasannya
Customer ServiceÂ
CS merupakan bagian penghubung antara customer dengan pusat layanan. Untuk mengetahui apa yang pelanggan butuhkan, pelanggan rasakan dan bahkan untuk membantu penyaluran informasi kepada pelanggan.
CS merupakan telinga dari pusat layanan sehingga jika ada kritik dan saran dari pelanggan, mereka bisa mengetahuinya, hal ini tentunya sangat penting untuk melakukan perbaikan dan inovasi layanan.
Di zaman sekarang layanan customer ini hadir dengan berbagai perantara, tidak hanya via telepon saja namun juga untuk muncul via chat maupun sosial media. Semakin meningkatnya teknologi, kemudahan yang didapatkan juga semakin meningkat.
Tugas Utama Customer ServiceÂ
CS memiliki beberapa tugas utama dalam menjalankan pekerjaannya. Beberapa diantaranya adalah
1. KomunikatorÂ
Fungsi komunikator ini adalah sebagai media penghubung antara pelanggan dan layanan. Dimana tugasnya adalah penyaluran informasi untuk pelanggan, memberikan arahan kepada pelanggan dan menjawab jika ada pertanyaan pelayanan dari pelanggan
Disini CS memiliki fungsi dua arah, yaitu menyampaikan informasi dari layanan ke pelanggan dan dari pelanggan ke layanan. Sehingga pertukaran informasi bisa terjadi. Pertukaran informasi ini membuat layanan menjadi lebih update dengan keadaan di lapangan, misalnya megetahui kekurangan, keinginana pelanggan, layanan yang paling disukai dan lain sebagainya.
Sebagai komunikator hendaknya CS memiliki pelayanan yang prima kepada pelanggan dalam hal kecepatan membalas pesan dan juga kesesuaian informasi yang disampaikan, sehingga pelanggan bisa segera melakukan tindakan atau informasinya bisa membantu pelanggan Ketika sedang menghadapi kendala.
SalesmanÂ
Selain membantu menjawab kebutuhan dari pelanggan, CS juga sangat membantu dalam hal penjualan atau marketing. Dimana mereka bisa memberikan ajakan untuk menarik pelanggan agar pelanggan menggunakan produk/layanan tersebut.