Isu-Isu Sosial-Emosional di Sekolah Dasar: Bullying, Masalah Disiplin, dan Interaksi Sosial di Kelas
Sekolah dasar adalah masa kritis dalam pembentukan perkembangan sosial dan emosional anak. Pada tahap ini, anak-anak mulai mempelajari bagaimana menjalin hubungan sosial, mengelola emosi, dan memahami aturan sosial. Namun, berbagai isu sosial-emosional dapat muncul yang memengaruhi proses belajar dan perkembangan mereka. Tiga isu yang sering ditemukan di sekolah dasar adalah bullying, masalah disiplin, dan kesulitan dalam interaksi sosial di kelas.
1. Bullying
Bullying adalah salah satu isu sosial-emosional paling umum dan berbahaya di sekolah dasar. Bullying mencakup perilaku agresif yang dilakukan secara berulang-ulang dengan tujuan menyakiti orang lain, baik secara fisik, verbal, maupun sosial.
a. Bentuk Bullying
Fisik: Memukul, mendorong, atau melakukan kekerasan fisik lainnya.
Verbal: Mengejek, menghina, atau menggunakan kata-kata kasar.
Sosial: Mengisolasi seseorang dari kelompok atau menyebarkan rumor.
Cyberbullying: Menggunakan teknologi digital untuk mengancam, menghina, atau menyebarkan informasi negatif tentang seseorang.
b. Dampak Bullying
Korban: Merasakan ketakutan, rendah diri, stres, atau bahkan depresi. Dalam jangka panjang, ini dapat memengaruhi kepercayaan diri dan kemampuan sosial mereka.