Mohon tunggu...
Nurul Afiat
Nurul Afiat Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - mahasiwa

tugas

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Bersahabat dengan Radiasi: Pengalaman Kuliah sebagai Mahasiswa Radiologi

30 Juli 2023   14:39 Diperbarui: 30 Juli 2023   14:48 81
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Radiologi merupakan salah satu cabang ilmu kedokteran yang untuk mengetahu atau mendiagnosis bagian dalam tubuh manusia dengan menggunakan teknologi pencitraan, baik gelombang elektromagnetik maupun gelombang mekanik. Saya merupakan mahasiwa semester 4 di jurusan radiologi Universitas Aisyiyah Yogyakarta,dapat dihitung saya berada di dalam dunia radiologi kurang lebih sudah 2,5 tahun.Dalam jangka waktu ini mungkin masih sangat singkat untuk saya membagikan ilmu-ilmu seputar radiologi,sehingga disini saya ingin berbagai pengalaman-pengalaman yang saya alami yang mungkin tidak bisa didapatkan di pembelajaran formal di kampus,yaitu pengalaman saya menjadi mahasiwa radiologi.

Pada tahun 2021, saya adalah seorang pelajar SMA yang sangat tertarik dengan dunia kesehatan. Sayangnya, hasil SBMPTN saya untuk jurusan kedokteran mengecewakan,saya ditolak. Meskipun demikian, saya tetap semangat mencari alternatif lain, dan akhirnya saya menemukan jurusan radiologi melalui internet yang membuat saya tertarik.Setelah itu  saya menyatakan minat untuk mengambil jurusan radiologi ini ke orang-orang terdekat saya, reaksi orang-orang di sekitar saya beragam. Beberapa mendukung pilihan saya, sementara yang lain menolak  dengan alasan yang hampir sama yaitu  kekhawatiran mereka tentang potensi bahaya radiasi. Sebagai seorang perempuan, banyak yang menganggap bahwa saya seharusnya memilih bidang lain yang dianggap lebih aman.Tak dapat dipungkiri,kekhawatiran itu juga menghantui pikiran saya.Namun, semakin banyak saya mencari tentang radiologi, semakin kuat rasa ingin saya untuk memasuki jurusan ini. Setiap pengetahuan baru yang saya dapatkan tentang radiologi dalam dunia kesehatan membuat saya semakin yakin bahwa jurusan ini adalah jurusan yang tepat bagi saya.

Sejak memasuki perkuliahan, saya telah diajarkan tentang bagaimana radiasi bekerja dan efeknya terhadap manusia.Hal ini diperkuat dengan praktek langsung mengenai keselamatan dan protokol radiografi, yang mengajarkan saya untuk senantiasa meminimalkan risiko paparan radiasi bagi pasien dan diri saya sendiri. Dengan pemahaman dan pengalaman ini, kekhawatiran mengenai radiasi dapat teratasi, dan saya merasa lebih percaya diri sebagai mahasiswa radiologi.Kuliah di jurusan radiologi memang bukanlah perjalanan yang mudah. Materi yang beragam dan perkembangan radiologi yang terus berkembang cepat membuat saya sebagai mahasiswa untuk selalu update dengan perkembangan ini.Sebagai calon ahli radiologi, saya harus terus mengikuti perkembangan terbaru dalam teknologi medis imaging agar dapat memberikan layanan kesehatan yang terbaik bagi pasien kelak.Tantangan terbesar yang saya hadapi sebagai calon radiografer adalah memastikan hasil citra yang saya hasilkan harus tepat dan akurat. Setiap gambar radiograf memerlukan analisis mendalam tentang anatomi dan patologi, sehingga saya harus memahami berbagai teknik radiografi, anatomi, dan juga mempertimbangkan keselamatan pasien. Dan juga dalam proses pemeriksaan melibatkan nyawa seseorang, sehingga harus dilakukan dengan hati-hati dalam memposisikan pasien dan menentukan dosis radiasi yang aman.

Meskipun saya belum melakukan praktek di rumah sakit hingga saat ini, praktek di kampus telah memberi saya wawasan yang berharga tentang dunia radiologi. Saya telah berlatih mengoperasikan modalitas-modalitas radiologi, memahami teknik pemindaian, dan juga belajar tentang etika profesional yang harus dijunjung tinggi.Pembelajaran ini semua tidak terlepas dari peran dosen-dosen saya yang sangat berkerja keras dalam mengajarkan dan membagi ilmu kepada saya.Bulan depan, adalah jadwal untuk turun langsung ke rumah sakit dan mengaplikasikan pengetahuan yang saya peroleh selama kuliah. Saya harap praktek di rumah sakit akan memberi saya kesempatan untuk belajar lebih dari para profesional berpengalaman dan menghadapi situasi nyata yang mungkin tidak bisa saya temui di lingkungan kampus.

Dalam perjalanan saya sebagai mahasiswa radiologi, saya telah menemukan betapa pentingnya peran saya nanti didalam dunia kesehatan. Meskipun jalan yang harus ditempuh tidaklah mudah,akan tetapi demi membanggakan keluarga dan untuk memberikan konstirbusi terbaik bagi masyarakat saya tetap semangat hingga saat ini.Pengalaman menjadi mahasiswa radiologi telah memberikan wawasan yang berharga dan tidak tergantikan, melebihi apa yang bisa diajarkan oleh ilmu formal di kampus. Peran dosen-dosen saya dalam memberikan bimbingan, dukungan, dan inspirasi telah membentuk saya menjadi calon radiografer yang berkualitas. Sekarang, menjelang tahun terakhir saya sebagai mahasiswa radiologi, saya semakin yakin bahwa jurusan radiologi adalah jalur yang tepat bagi saya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun