Mohon tunggu...
Nurul Afandi
Nurul Afandi Mohon Tunggu... -

Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab UIN Maliki Malang

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

PJBL, Strategi Pembelajaran yang Sering Digunakan di PBA UIN Malang

11 Desember 2018   00:31 Diperbarui: 11 Desember 2018   00:34 116
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

Project Based Learning atau biasa disingkat dengan PjBL. Sebagaimana tertuang didalam sebuah buku karangan Ridwan Abdullah sani, dituliskan bahwa PjBL merupakan sebuah pendekatan, strategi, atau metode yang berpusat pada siswa. Disana juga dituliskan, PjBL merupakan sebuah strategi pembelajaran yang melibatkan siswa secara penuh untuk mengerjakan suatu proyek yang bermanfaat untuk menyelesaikan permasalahan masyarakat atau lingkungan.

Strategi ini memiliki banyak manfaat dalam aplikasinya, salah satunya adalah memberikan kesempatan kepada siswa untuk melatih keterampilan mereka serta mengarahkan mereka untuk berpikir kritis terhadap suatu materi yang hendak, sedang atauoun telah dipelajarinya. Sayangnya, beberapa guru lebih mengesampingkan startegi ini dalam proses mengajarnya dengan alasan strategi ini sangat rumit dan memerlukan biaya yang cukup besar.

Namun, ketika saya berselancar didunia internet, banyak hal dan informasi tentang aplikasi PjBL serta bentuk-bentuk proyek yang bisa digunakan dalam sistem pembelajaran di sekolah. Disana dijelaskan bahwa proyek yang dibuat bisa berupa proyek tertulis, maupun proyek kinerja.Adapun proyek tertulis contohnya, buletin, video, poster, laporan tertulis, esai, foto dan lain sebagainya. Sedangkan proyek kinerja, seperti presentasi, pameran, pementasan dan lain sebagainya.

Nah, dari situ nampak jelas dan bisa disimpulkan bahwa jurusan PBA UIN Malang disadari ataupun tidak, strategi pembelajaran yang sering digunakan adalah PjBL. Mengapa demikian? Mari kita kupas beberapa mata kuliah yang ada sesuai dengan pengalaman belajar saya.

  • Video : Dalam mengajarkan maharah istima' ustad Ridwan selalu memberikan tugas akhir berupa pembuatan media pembelajaran istima' bagi level mubtadi', mutawassith ataupun mutaqaddim. Namun, tugas tersebut bukan muncul dan dipelajari secara otodidak, akan tetapi selama proses pembelajaran di kelas beliau selalu menyuguhi siswa dengan video-video berbahasa Arab.
  • Presentasi : proyek ini mungkin bukanlah suatu tugas yang asing terdengar ditelinga mahasiswa. Karena mayoritas dosen memberikan kesempatan kepada setiapmahasiswa untuk membuat suatu bahan atau media pembelajaran berbasis power point atau PPT, kemudian mempresentasikannya di depan kelas.
  • Pementasan : proyek ini merupakan satu proyek besar dan paling bergengsi di PBA UIN Malang ini. Dalam jurusan PBA pementasan memiliki satu ruang tersendiri yang dikenal dengan mata kuliah masyrohiyyah (teater). Sudah pasti tugas akhir dari mata kuliah ini adalah sebuah pementasan yang nyata.

Mungkin beberapa proyek memang membutuhkan dana yang cukup besar, namun pembelajaran dengan strategi ini bisa dikemas dengan sederhana dan dana seminimal mungkin. Karena kreativitas dari siswalah yang menjadi titik tumpu pada strategi pembelajaran ini

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun