Mohon tunggu...
nurul faikoh
nurul faikoh Mohon Tunggu... -

Saya mahasiswa S1 PGSD UNS Semester 7 Kelas B NIM X7209073

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Karakteristik, Tujuan dan Fungsi Penelitian Tindakan Kelas

9 Oktober 2010   11:30 Diperbarui: 26 Juni 2015   12:34 547
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Penelitian Tidakan Kelas merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan, yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersama (Suharsimi Arikunto, 2008).


Karakteristik


  1. Situasional, praktis, dan secara langsungrelevan dengan situasi nyata dalam dunia kerja
  2. Memberikan kerangka kerja yang teratur kepada pemecahan masalah, karena bersifat empiris dengan mengandalkan observasi nyata dan data prilaku
  3. Fleksibel dan adaptif, memungkinkan adanya perubahan selama masa percobaan
  4. Partisipatori, karena peneliti atau anggota tim peneliti sendiri ambil bagian secara langsung atau tidak langsung
  5. Self evaluatif, yaitu modifikasi secara kontinu dievaluasi dalam situasi yang ada, yang tujuan akhirnya meningkatkan praktik

Tujuan


  1. Peningkatan praktik kerja
  2. Peningkatan (pengembangan profesional) pemahaman praktik oleh praktisinya
  3. Peningkatan situasi tempat pelaksanaan praktik
  4. Melibatkan semua orang yang terkena dampak penelitian

Fungsi


  1. Untuk memecahkan masalah yang didiagnosis dalam situasi tertentu
  2. Alat pelatihan dalam jabatan untuk membekali guru dengan ketrampilan dan metode baru, mempertajam analisis dan mempertinggi kesadaran dirinya
  3. Untuk mengenalkan pendekatan tambahan atau inovasi dalam pembelajaran
  4. Untuk meningkatkan komunikasi yang kurang lancar antara guru dan peneliti
  5. Untuk menyediakan alternatif yang lebih baik

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan suatu Penelitian Tindakan yang dilakukan guru dalam kelas yang merupakan rangkaian “riset-tindakan-riset-tindakan…” yang dilakukan secara siklus dalam rangka memecahkan masalah sampai terpecahkan. Bentuk penelitian reflektif yang dilakukan guru sendiri yang hasilnya dapat dimanfaatkan sebagai alat untuk pengembangan kurikulum, pengembangan sekolah, pengembangan keahlian mengajar dsb. Bentuk penelitian yang bersifat reflektif dengan melakukan tindakan-tindakan tertentu agar dapat memperbaiki dan meningkatkan praktik pembelajaran di kelas agar lebih profesional

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun