Pertanian merupakan ciri khas dari negara Indonesia karena Indonesia dikenal sebagai negara agraris. Produk pertanian di Indonesia juga beraneka ragam. Jenis tanamannya banyak antara lain tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, dan lain-lain. Tanaman pangan merupakan tanaman yang sangat penting guna memenuhi kebutuhan pokok masyarakat Indonesia seperti beras, jagung, dan kedelai. Tanaman hortikultura juga tak kalah penting guna pemenuhan gizi seperti sayur dan buah dan tanaman perkebunan digunakan sebagai pemenuhan kebutuhan hidup seperti teh, kopi, kakao, dan lain sebagainya serta untuk kebutuhan ekspor.
Pemasaran mengambil peranan yang sangat penting bagi produk pertanian. Tersedianya pemasaran yang baik maka produk pertanian dapat dikenal luas oleh masyarakat. Pemasaran yang biasa dilakukan oleh para petani atau elemen - elemen yang lain ialah dengan cara tradisional. Misalnya dari mulut ke mulut atau dilakukan di pasar. Cara tersebut dinilai kurang efisien dan efektif karena membutuhkan waktu yang cukup lama dan biasanya jangkuannya terbatas.
Era modern seperti saat ini cara efektif dan efisien dalam pemasaran produk pertanian dapat dilakukan melalui digital platform. Digital platform adalah media yang tepat dalam membantu dalam memasarkan suatu produk. Dalam digital platform tentunya tidak hanya dapat memasarkan namun juga bisa terjadi transaksi jual beli secara online. Pemasaran online tersebut bisa melalui website, sosial media, dan e - commerce. Sosial media dapat melalui instagram, tiktok, youtube, whatsapp dan  e - commerce dapat melalui shopee dan tokopedia.
Pembuatan website dalam pemasaran produk pertanian dapat membantu atau memudahkan konsumen dalam memilih produk-produk yang mereka inginkan. Dalam website tersebut terdapat katalog penjualan. Katalog tersebut berisi gambar produk, nama produk, netto produk, manfaat produk, kemasan produk, masa kadaluwarsa produk, pemilihan jasa kirim produk (ekspedisi), dan pemilihan metode pembayaran (cash on delivery, transfer ATM, dan kartu kredit). Para konsumen dibebaskan dalam memilih produk, memilih jasa kirim, dan memilih metode pembayaran. Cara tersebut lebih fleksibel, efektif, dan efisien.Â
Produk pertanian yang dapat dijual dapat satuan atau dalam bentuk paket. Misalnya sayur dijual per ikat sedangkan buah dijual per 100 gram. Bentuk paket bisa berbentuk paket sayur sop yang dialaminya sudah terdapat condiment sayur sop, sayur bening, sayur pecel, dan lainnya yang sudah dipotong - potong beserta bumbunya. Bentuk paket biasanya digemari oleh pekerja yang membutuhkan waktu cepat dalam memasak tinggal memasukkan ke dalam panci dan memasaknya dalam waktu singkat namun sehat untuk dikonsumsi. Ibu rumah tangga baru yang masih kurang mahir untuk memasak jugq dapat sangat membantu mereka dalam menyajikan masakan yang sehat untuk keluarga dengan cara yang praktis.
Cara pemasaran produk pertanian berbasis digital setidaknya membantu petani. Petani akan lebih banyak permintaan daripada dengan cara tradisional. Permintaan masyarakat yang tinggi dapat meningkatkan pendapatan petani. Dengan cara tersebut masyarakat dapat berkontribusi pada dunia pertanian khususnya kepada petani. Digital platform dalam pemasaran produk pertanian dapat membantu mendorong perputaran ekonomi bagi petani di seluruh Indonesia (Sibarani, 2021).
Sayur organik merupakan salah satu contoh yang dapat digunakan dalam pemasaran produk pertanian berbasis digital platform. Sayur organik tidak mengandung pestisida dan dapat menyehatkan tubuh sehingga dapat memikat selera konsumen. Yuk, pasarkan produk pertanian secara digital dengan mudah, efisien, efektif, dan sehat untuk tubuh.
Daftar PustakaÂ
Sibarani, Erik Blasius. 2021. Smart Farmer Sebagai Optimalisasi Digital Platform Dalam Pemasaran Produk Pertanian Pada Masa Pandemi Covid-19. Technomedia Journal (TMJ), 6 (1)