Mohon tunggu...
Nurul Latifah
Nurul Latifah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Pertiwi

Saya adalah seorang introvert yang menemukan kedamaian dalam menulis. Konten favorit saya mencakup topik finansial, investasi, permasalahan sosial, politik, dan film. Saya menikmati menyelami dan mengeksplorasi berbagai konsep dan ide dalam bidang-bidang ini melalui kata-kata, dengan tujuan untuk memahami dan memberikan wawasan mendalam kepada pembaca atau penonton.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Fenomena Transformasi: Dari Pemulung, Ojek Online Hingga Tukang Parkir Menjadi Model, Strategi Unik yang Mengguncang Dunia Marketing

26 Juni 2024   12:30 Diperbarui: 26 Juni 2024   15:03 158
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Source: tiktok (Rucas)

Akhir-akhir ini ada strategi marketing which is sangat menyita perhatian aku yaitu fenomena model yang awalnya adalah seorang pemulung, ojek online dan tukang parkir yang kini ramai di tiktok. 

Nah kali ini aku bakalan bahas strategi marketing yang saat ini tengah ramai yqitu brand Rucas dan Helwa For Men Batik yang mempekerjakan model dari mereka yang awalnya seorang pemulung, ojek online, dan tukang parkir. Mereka di make over dengan sebaik mungkin sampai terlihat keren mengenakan produk tersebut.

Hal ini sangat menyita perhatian netizen termasuk aku dan mendapatkan banyak dukungan dari berbagai kalangan. Banyak bisnis yang kita jumpai menggunakan model yang cantik dan ganteng. Namun berbeda dengan brand Rucas dan Helwa For Men Batik. Mereka nampak sangat berbeda dengan brand-brand yang lain. 

Hal itu membuat mereka unik dan brand lebih cepat dikenal oleh masyarakat. Selain itu, brand Rucas dan Helwa For Men Batik juga membantu kehidupan model mereka yang awalnya adalah seorang pemulung kini mereka dikenal sebagai model brand. Karena brand mereka unik dan berbeda dari brand yang lain, tentu ini membuat penjualan produk mereka meningkat. Selain itu, engagement sosial media mereka sangat meningkat. 

Source: titkok (Helwa For Men Batik)
Source: titkok (Helwa For Men Batik)

Valuable lesson yang dapat aku petik dari strategi marketing mereka adalah berani berbeda agar bisnis kita menjadi unik diantara yang lain sekaligus membantu orang lain. So, ketika kita akan menggunakan model untuk produk yang akan kita promosikan tidak melulu mencari orang yang good looking saja. 

Dulu aku berpikir kalau sebuah brand ketika mencari model yang good looking agar meningkatkan penjualan produk mereka. Namun, dengan trend yang saat ini tengah ramai itu merubah mindset aku. 

Terkadang ketika kita membantu orang yang hidupnya kekurangan dan kita make over mereka sebaik mungkin itu juga bisa meningkatkan penjualan produk kita lohh. Selain itu juga dapat membantu penghasilan mereka dan mengangkat derajat mereka dan keluarganya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun