1. Review pengalaman belajar
Topik 1. Penyusunan Perencanaan Pembelajaran dan Asesmen Yang Efektif Dengan Pendekatan Teaching at The Right Level
Topik 2. Melaksanakan Pembelajaran Dengan Menerapkan Prinsip Pengajaran dan Asesmen Yang Efektif Dengan Pendekatan Teaching at The Right Level, Serta Mampu Menciptakan Lingkungan Kelas Yang Aman, Nyaman, Dan Berpihak Pada Peserta Didik.
Topik 3. Evaluasi Pembelajaran dan Asesmen yang Telah Dilaksanakan
Topik 4. Refleksi Pembelajaran dan Asesmen yang Telah Dievaluasi
Topik 5. Rencana Tindak Lanjut Pembelajaran dan Asesmen Berdasarkan Hasil Refleksi
Topik 6. Mahasiswa mampu menyusun laporan belajar peserta didik
Kesimpulan secara keseluruhan di siklus 1 dalam mata kuliah ini, saya belajar bagaimana membuat RPP dan penilaian yang efektif dengan menggunakan pendekatan pengajaran yang tepat dan mampu menciptakan ruang kelas yang nyaman, aman dan ramah siswa. Dalam aplikasi praktis, pelaksanaan pembelajaran yang berpusat pada siswa memerlukan penilaian diagnostik yang terlebih dahulu mengukur kemampuan atau  penguasaan siswa terhadap materi aslinya. Dengan bantuan asesmen diagnostik, guru dapat mempelajari banyak hal tentang sifat siswa, seperti tingkat penguasaan materi prasyarat yang dimilikinya, potensi siswa, perkembangan, gaya belajar, tahapan pembelajaran. tujuan dan kebutuhan belajar setiap siswa. Setelah  kegiatan perencanaan, mahasiswa diminta  menganalisis pelaksanaan rencana pembelajaran dan penilaian yang dilakukan dalam kegiatan PPL II. Analisis pencapaian dievaluasi dari perspektif penerapan paradigma pembelajaran  baru yang berpusat pada siswa.
Contoh instrumen evaluasi
No
Nama Peserta didik
Hasil Belajar
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
KD.1