Mohon tunggu...
nur sulis
nur sulis Mohon Tunggu... Lainnya - mahasiswi institut agama islam syarifuddin

lumajang-jatim

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tugas Logika BKI IAI Syarifuddin Contoh Penalaran Induktif

2 November 2023   12:46 Diperbarui: 2 November 2023   13:05 70
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Assalamualaikum wr. Wb

Hallo, bertemu lagi bersama saya. Disini saya akan memberikan contoh narasi deskripsi tentang penggunaan penalaran indukktif untuk memenuhi tugas UTS mata kuliah Logika  yang diampu oleh Pak Harry Purwanto M.I.Kom

Contoh penalaran induktif :

Kegiatan sehari hari saya mungkin berbeda dengan teman teman yang lain karna saya disini akan mendekskripsikan kegiatan sehari hari saya dipondok pesantren.

 Disisi lain saya menjadi mahasiswi di IAI Syarifuddin saya juga menjadi santri aktif diPps Kyai syarifuddin yang pernah saya dekskripsikan diri saya dalam penalaran deduktif sebelumnya.

 Saya Biasanya bangun jam 03.00 untuk mengantri mandi dan bersiap siap untuk jamaah subuh. Dengan diamanahi sebagai pengurus TWT kegiatan yang setiap hari saya lakukan yaitu mangatur jalannya kegiatan semua sahabat santri seperti mengontrol kegiatan mengaji Al-Quran pagi yang sudah ditentukan kelas --kelasnya masing masing mulai dari kelas 1 sampai kelas 4 pada pukul 05.00-05.30 , setelah itu kegiatan Kursus Pagi mulai pukul 05.30-06.00 yang dimaksud kursus pagi disini yaitu sahabat santri mengkaji kitab kuning mulai dari belajar menulis pegon, mengkaji kitab washoya, safina, sullam taufiq, mukhtashor, matan taqrib, fathul qorib, sampai tadzhib. 

Di kursus pagi ini saya mengajarkan santri baru belajar menulis pegon pada hari rabu sampai kamis dan mengajar kitab sullam taufiq pada hari sabtu sampai hari selasa. Setelah kegiatan kursus pagi selesai pukul 06.00-06.45 sahabat santri mempunyai waktu luang untuk sarapan pagi,  piket perhari, dan bersiap siap untuk berangkat ke mandrasah diniyah nya masing masing. Pada pukul 06.45-06.55 sahabat santri yang masih siswi (MTs, MA, dan SMK) dan ada mahasiswi untuk berangkat ke tempat madrasah diniyah. Dengan diadakannya program baru dari TU madrasah diniyah mulai tahun ini madrasah diniyah dibagi menjadi 2 yakni ada yang masuk jam 07.00-08.30 dan ada yang 09.00-10.30.

Di sini saya mengikuti madrasah diniyah pada pukul 09.00-10.30 setiap harinya kecuali hari jumat libur dan hari sabtu diniyah gabungan putra dan putri yang di kaji langsung  dengan al- mukarrom Kyai Sulahak Syarif pengasuh Pondok Pesantren Kyai Syarifuddin cucu dari al maghfurlah Kyai Syarifuddin selaku pendiri PPs. Kyai syarifuddin . Setelah pulang madrasah diniyah disini saya mempunyai waktu luang mulai pukul 10.30-13.00 untuk beristirahat dan mengerjakan tugas dari kampus atau tugas tugas pondok yang lain.

Pada pukul 13.00 saya mandi, sholat dhuhur, dan bersiap siap untuk berangkat kuliah pada pukul 13.30. Biasanya pulang kuliah pukul 16.30 saya langsung mandi dan sholat  ashar setelah itu saya wudhu' dan bersiap siap sholat jamaah magrib setelah sholat pukul 18.00 -18.30 saya mengontrol kegiatan mengaji Al- Quran malam. 

Selesai mengaji saya langsung bersiap siap sholat jamaat isya' dan mengikuti kegiatan pembacaan istighosah setelah sholat isya'. Setelah itu saya mengontrol kegiatan musyawaroh sahabat santri mulai pukul 19.30-20.30 dikegiatan musyawaroh ini sahabat santri mengulang pembelajaran yang sudah diberikan pada waktu kegiatan madrasah diniyah tadi pagi. Selesai musyawaroh pada pukul 20.30-21.30 sahabat santri mengikuti pengembangan bahasa asing yakni bahasa inggris dan bahasa arab dan ada yang tidak mengikuti kegiatan bahasa sahabat santri mengikuti  lembaga pengembangan tahfidzul quran. Setelah selesai kegiatan tsb pada pukul 21.30 saya belajar dan istirahat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun