Mohon tunggu...
Nursini Rais
Nursini Rais Mohon Tunggu... Administrasi - Lahir di Pesisir Selatan, Sumatera Barat, tahun 1954.

Nenek 5 cucu, senang dipanggil Nenek. Menulis di usia senja sambil menunggu ajal menjemput.

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Pilihan

Membongkar Rahasia Sehat dan Bugar Sampai Tua

11 September 2020   21:38 Diperbarui: 11 September 2020   22:22 485
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
2 anak, 2 menantu, dan 4 cucu. Foto NURSINI RAIS

Saya bersyukur lahir dan dibesarkan di desa dalam keluarga sederhana. Dari kecil saya  terlatih beraktivitas melibatkan gerakan anggota tubuh.

Membantu orang tua menimba air sumur, mencuci pakaian di sungai, sampai menumbuk padi menggunakan lesung dan alu.  Semuanya kami kerjakan manual.

Tidak hanya itu, Mulai remaja setiap hari jalan kaki ke sekolah 12 km pulang pergi selama 4 tahun.

Efeknya, saya tumbuh, dewasa, dan tua menjadi manusia  yang  tidak alergi dengan gawean yang melibatkan gerakan otot. Sampai sekarang, sebatas urusan dapur dan sumur saya lakukan sendiri.

Walaupun demikian, untuk menjaga kebugaran tubuh tidak cukup sekadar mundar mandir di rumah saja. Terlebih sering nulis duduk di kursi lumayan lama. 

Untuk menyeimbanginya diperlukan kegiatan-kegiatan lain. Diantaranya:

1. Melakukan Olahraga Ringan.

Jalan pagi. Foto NURSINI RAIS
Jalan pagi. Foto NURSINI RAIS
Sejak pertengahan 2014 setiap pagi usai  subuh, saya dan ibu-ibu jamaah musala jalan kaki sejauh  2 km pulang pergi.

Selama Covid 19 mewabah, kebersamaan tersebut terjeda. Karena kami salat di rumah masing-masing.

Tetapi saya tetap melakukannya sendiri menapaki jalur berbeda. Minimal 4 kali seminggu. Mulai matahari terbit, durasinya tak kurang dari 30 menit.

2. Menjaga kuantitas dan Kualitas Makanan  

Menu makan siang ala kampung. Foto NURSINI RAIS
Menu makan siang ala kampung. Foto NURSINI RAIS
Ada hal menarik yang saya temui tanpa sengaja. Setahun sebelum pensiun, terjadi perubahan tak biasa pada tubuh saya. Perut gendut, lingkar badan bertambah 8 cm berat naik 5 kg.

Tetapi tidak diikui oleh bagian muhka. Wajah saya tetap kerempeng seperti biasa. Cepat lelah, ngantuk, diiringi nyeri pada pinggang dan punggung. Beberapa kali ke dokter, sehatnya cuman 2 minggu. Kemudian gejala serupa datang lagi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun