Mohon tunggu...
Nursini Rais
Nursini Rais Mohon Tunggu... Administrasi - Lahir di Pesisir Selatan, Sumatera Barat, tahun 1954.

Nenek 5 cucu, senang dipanggil Nenek. Menulis di usia senja sambil menunggu ajal menjemput.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Bangga Mengajar di Kelas Satu

18 Juli 2018   20:40 Diperbarui: 18 Juli 2018   23:08 1066
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Siswa kelas II SD No. 33/III Tahun Pelajaran 2014/2015 sedang mengikuti Kegiatan Belajar Kelompok. Ini adalah siswa saya yang terakhir sebelum memasuki masa pensiun (Dokumen pribadi).

Tahun pelajaran 2018/2019 telah dimulai. Para orangtua siswa  kelas satu menyambutnya dengan suka cita. Khususnya pasangan muda yang pertama melihat anaknya pakai seragam Sekolah Dasar.  Dan lebih spesial lagi bagi suami isteri yang terlambat dikaruniai momongan. Normalnya tahun ini anak pertama mereka mengenakan pakaian putih biru, ternyata baru berseragam putih merah.

Kebahagian juga terpancar pada wajah siswa itu sendiri. Pada hari tersebut  mereka mulai memasuki lingkungan baru. Membaur dengan banyak teman dari latarbelakang yang beragam.

Bagi anak-anak perkotaan, momen tersebut mungkin tidak berarti apa-apa. Karena sebelumnya mereka telah terbiasa berasimilasi dengan individu lain selama menempuh pendidikan di Taman Kanak-Kanak. Namun, oleh anak-anak pedesaan hal itu baginya sangat asing. Karena segala hal yang berkaitan dengan aktivitas pendidikan berawal dari Sekolah Dasar.

Siswa kelas II SD No. 33/III Tahun Pelajaran 2014/2015 sedang mengikuti Kegiatan Belajar Kelompok. Ini adalah siswa saya yang terakhir sebelum memasuki masa pensiun (Dokumen pribadi).
Siswa kelas II SD No. 33/III Tahun Pelajaran 2014/2015 sedang mengikuti Kegiatan Belajar Kelompok. Ini adalah siswa saya yang terakhir sebelum memasuki masa pensiun (Dokumen pribadi).
Mendingan anak desa era sekarang. Walaupun ada yang belum tersentuh pendidikan formal (Paud dan TK), begitu duduk di kelas I SD, sebagian besar sudah mahir memegang pensil. Bahkan telah banyak yang mengenal huruf dan pandai membaca. Minimal bisa mencoret-corat buku.  Sedikit banyak tugas guru kelas I jadi terbantu.

Lain dengan zaman saya pertama mengajar dahulu (1977). Anak-anak diantar orangtuanya ke sekolah dalam keadaan kosong. Memegang pensil, berpakaian rapi, maaf, pakai celana dalam bagi anak perempuan, sampai cara membersihkan ingus yang benar. Semuanya bermula dari sekolah. Dalam hal ini, peran guru kelas satulah yang menjadi tumpuan.

Saya mengagumi salah satu teman guru wanita saya, yang sekarang sudah almarhumah. Semasa itu, beliau satu-satunya tenaga andalan untuk mengajar di kelas satu.  Kelebihannya, dia tidak sensitif terhadap  yang jorok. Apabila anak-anak terluka tersebab berantam atau terjatuh, atau luka ketika gotong royong sekolah, beliaulah yang menanganinya. Membersihkan darah, mengunyah daun ubi untuk obat tempel dan membalutnya sampai darah tak lagi mengalir. Demikian juga jika ada siswa yang beol dan kencing dalam celana di kelas. He he. 

Yang lebih salut lagi, almarhumah juga cuek terhadap wewangian. Wangi apa itu?  Apa lagi kalau bukan aroma menyengat. Sumbernya dari cairan putih beku yang keluar dari lubang telinga beberapa siswa.  Dalam satu lokal, minimal ada satu bocah yang organ pendengarnya berkasus.

Siswa kelas VI SD. No. 33/III Simpang Empat Danau Kerinci, Tahun 2011/2012 sedang mengikuti Kegiatan Pembelajaran dengan penerapan metode Jig Saw. (Dokumen pribadi)
Siswa kelas VI SD. No. 33/III Simpang Empat Danau Kerinci, Tahun 2011/2012 sedang mengikuti Kegiatan Pembelajaran dengan penerapan metode Jig Saw. (Dokumen pribadi)
Setelah dua puluh tahun bertugas di sekolah yang sama, giliran saya dipercayai menjadi dosen kelas I. Tetapi kondisinya jauh lebih baik daripada sebelumnya. Pengidap telinga bernanah hampir tiada lagi ditemui. Yang belum terhapus, aroma ruang kelas yang kayak ayam hidup direbus.

Terbiasa berkutat di kelas IV dan V, mula-mula saya sangat risih dan canggung. Tak ubahnya seperti mengalengi anak ayam. Dimasuk satu yang lainnya keluar. Lagi enak-enaknya saya  ngomong tentang A, susul menyusul siswa bertanya tentang A. Sebelum dijawab satu-persatu, mereka terus berteriak dan berteriak. Ibuk ...! Ibuk  ...! Padahal jawaban yang diberikanan cukup mewakili karena pertanyaannya sama.  Sering pula saya yang mereka perintahkan untuk menulis tugas pada halaman bukunya. Wah ..., Saya nyaris menyerah kalah.

Berhubung sekolah kami kekurangan guru dan ruang belajar, siswa kelas I yang berjumlah 32 orang saya sendirian menangani. Yang menambah pusing tiga belas keliling, oknum orangtua seenak jidat menitipkan anaknya yang baru berusia 3 atau 4 tahun. Alasannya, dia nangis minta ikut kakaknya ke sekolah. "Tak apa-apa ya, Bu. Daripada di rumah dia main tanah."

Aduh, Mak. Ini dia. Beban berat senggulung batu. Dan, dilema buah si malakama. Diterima 'entah' ditolak pasti saya dicap sombong. Sebab, tabiat begini telah mendarah daging cukup lama. Guru kelas I sebelumnya (almarhumah) tidak pernah mempermasalahkannya.

Membimbing siswa Kelas VI SD No. 33/III mengerjakan tugas Kelompok. (Dokumen pribadi)
Membimbing siswa Kelas VI SD No. 33/III mengerjakan tugas Kelompok. (Dokumen pribadi)
Uniknya, beberapa minggu kemudian, ketika siswa mulai mengenal huruf saya puas. Hasil kerja saya terlihat nyata. Siswa yang tadinya belum memenuhi syarat untuk disebut 'orang', kini ke-orangannya berangsur nampak.  Begitulah hari ke hari siswa semakin menunjukkan kemajuan yang signifikan. Saya senang dan bangga atas apa yang telah saya persembahkan kepada anak bangsa. Dari sebelumnya belum tahu apa-apa, menjadi anak-anak pintar menulis dan membaca.

Kebahagiaan dan kebanggaan saya berlanjut ketika tahun pelajaran berakhir dan seterusnya. Hal ini membuat saya bertahan  selama sebelas tahun. 

Terakhir mohon maaf kepada semua pihak. Kisah ini saya tulis bukan bermaksud untuk menjelek-jelekkan pribadi atau kelompok tertentu. Tujuannya agar rekan guru zaman now dapat memaknai penderitaan sesepuhnya terdahulu dalam menjalankan tugas. Khususnya yang mengabdi di desa terpencil. Jika baik silakan dipetik hikmahnya untuk dijadikan pembelajaran. Sekiranya buruk dan tak berguna abaikan saja.

***

Simpang Empat Danau Kerinci, 18072018

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun