Mohon tunggu...
Ibnu Mudhir
Ibnu Mudhir Mohon Tunggu... Administrasi - Pejabat Imigrasi

Jalan, Lari, Gowes

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Kaki-Kaki Mobil: Komponen, Manfaat Servis, dan Biaya Servis

29 Juli 2024   13:33 Diperbarui: 29 Juli 2024   13:51 306
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi Pribadi

Saya memiliki mobil yang sudah digunakan sejak tahun 2015. Sampai saat ini berarti kurang lebih 9 tahun penggunaan dengan berbagai jenis jalan. Selama ini belum pernah ada kendala terkait kaki-kaki mobil.

Saat libur lebaran 2024 kemarin terasa kaki-kaki mobil saya bermaslah. Indikasinya misalnya saat mengerem ada bunyi yang terdengar. Shockbreaker roda depan terasa tidak nyaman atau kurang berfungsi terutama saat melibas jalan berlubang atau tidak rata. Saya berinisiatif ke bengkel dan ternyata perlu perbaikan kaki-kaki mobil.

Kaki-kaki mobil berfungsi sebagai penopang beban kendaraan secara keseluruhan dan pembantu dalam mengontrol pergerakan mobil saat melaju. 

Komponen kaki-kaki mobil terdiri dari (suzuki.co.id):

  • Roda;
  • Velg;
  • Peer;
  • Tie rod;
  • Suspensi;
  • Shockbreaker;
  • Bushing;
  • Bearing;
  • Ball joint.

Manfaat Servis Kaki-kaki Mobil (oto.detik.com):

  • Rasa aman saat mengemudi;
  • Keseimbangan mobil terjaga;
  • Komponen-komponen terawatt dengan baik;
  • Efisiensi bahan bakar menjadi lebih baik.

Biaya Servis Kaki-kaki Mobil

 Dalam kasus biaya perbaikan kaki-kaki mobil, pengalaman saya berikut rinciannya:

  • Bongkar kaki-kaki          Rp. 250.000
  • 2 buah bos supor atas    Rp. 350.000
  • 1 buah tie rod                     Rp. 425.000
  • 2 buah link stabil             Rp. 550.000
  • 1 buah rack end                 Rp. 225.000
  • 2 buah support                 Rp. 400.000

Jadi penting untuk memperbaiki kaki-kaki mobil. Gaya berkendara dan jenis jalan yang dilalui memengaruhi keawetan dari kaki-kaki mobil. Berkendara dengan bijak dapat terhindar dari biaya perbaikan yang berlebih. Komponen apa saja yang perlu diganti dan besaran biaya mungkin tiap mobil dapat berbeda-beda. Demikian cerita dan opini saya, semoga bermanfaat.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun