Mohon tunggu...
Ibnu Mudhir
Ibnu Mudhir Mohon Tunggu... Administrasi - Pejabat Imigrasi

Jalan, Lari, Gowes

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

Ikan Belida, Keunikan Indonesia dalam Paspor

28 Mei 2024   07:38 Diperbarui: 28 Mei 2024   22:21 97
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi Pribadi

Ikan Belida dalam Paspor Saya

Ikan Belida dipromosikan ke dunia internasional melalui paspor Indonesia, itu pendapat saya. Gambar ikan Belida berada di halaman 45 pada paspor saya. Papsor saya telah habis masa berlakunya tahun 2021. Saya membuat paspor yang terdapat gambar ikan Belida pada tahun 2016. Pada halaman 45 paspor saya, di atas gambar ikan Belida terdapat tulisan VISAS dan gambar burung Garuda Pancasila.

Ikan Belida ialah Keunikan Indonesia

Ikan Belida di Indonesia termasuk dalam spesies chitala lopis sebagaimana diungkapkan para ahli. Ikan Belida Chitala lopis sempat dinyatakan punah pada tahun 2020. 

Ikan Belida ditemukan kembali melalui koleksi yang dikumpulkan sejak November 2015 sampai September 2023. Ikan Belida dikumpulkan dari 34 lokasi di Jawa, Sumatera, dan Kalimantan. Penemuan ini memperjelas sebaran ikan Belida dan status taksonomi di Indonesia (cnnindonesia.com ).

Ikan Belida ialah ikan air tawar endemik Indonesia. Ikan Belida bisa dijumpai di Pulau Jawa, Sumatera, dan Kalimantan. 

Ikan Belida mulai menurun keberadaannya karena kualitas air sungai yang buruk akibat pencemaran. Juga akibat penangkapan yang berlebihan untuk digunakan sebagai bahan makanan dan sebagai ikan hias (econusa.id ).

Ikan Belida dijadikan ikan hias karena tampilannya yang memikat. Ikan Belida mempunyai tubuh yang panjang menyerupai pisau. Oleh karena itu ikan Belida disebut jugan knife fish atau ikan pisau (kompas.com).

Bangga terhadap paspor Indonesia

Saya bangga bisa memiliki paspor Indonesia bergambar ikan Belida. Walaupun paspor tersebut tidak pernah saya digunakan ke luar negeri. Paspor Indonesia tergolong 10 (sepuluh) paspor terindah di dunia menambah rasa bangga saya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun