Halo Sobat Kompasiana. Kamu pernah melihat layanan Digital KiosK di salah satu restoran? Modelnya semacam layar besar yang dipasang untuk konsumen memesan F&B melalui mesin tersebut. Nah, salah satu restoran Jepang yakni HokBen ini rupanya telah mengupgrade pelayanan konsumennya dengan menambahkan Digital KiosK. Jadi, Ini pertama kalinya saya masuk HokBen cabang Plaza Festival yang sebelumnya sempat direnovasi.
Akhirnya, sebelum Jumatan (20/12) kemaren membuat saya menjajaki tempat makan khas Jepang tersebut untuk pertama kalinya. Sebelum berniat untuk berbelanja baju di salah satu toko yang ada di Plaza Festival, saya sudah janjian dengan teman untuk makan siang terlebih dahulu di HokBen.
Sekitar pukul 11.00 saya sampai di lokasi. Begitu saya masuk, rupanya ada yang berbeda dari HokBen cabang Pasfest ini dengan cabang yang lainnya. Biasanya, untuk memasan makanan diresto ini. Pembeli harus antri dengan mengambil nampan dan memesan menu apa saja, dan yang dipesan akan disediakan langsung di atas nampan yang dibawa tadi. Dan pembeli akan membawanya ke meja kasir. Bahkan, sampai harus membawa nampan dan makanan yang sudah di pesan secara mandiri hingga ke meja makan.
1. Efisiensi waktu. Melalui mesin digital ini, saat saya mencobanya. Pembeli akan sangat dimudahkan karena hanya tinggal input pesanan dan tinggal mengambil orderan jika makanan sudah selesai disiapkan melalui nomor yang tertera pada struk.
2. Tidak perlu antri lama. Kemudahan input data dan melihat menu secara lengkap membuat mesin ini dirasa lebih menghemat waktu. Sehingga, antrian tidak panjang seperti pelayanan normal.
3. Pembayaran tidak perlu lagi menggunakan uang tunai. Di era yang serba yang digital ini. Kemudahan bertransaksi dengan menggunakan debit atau credit card sudah sangat diandalkan daripada pembayaran tunai. Sehingga, layanan Digital KiosK memang cocok digunakan untuk masyarakat sekarang.
Baca juga: Kerennya 5 headset Wireless Soul Electronis Terbaru