Mohon tunggu...
Nurroh Malawati
Nurroh Malawati Mohon Tunggu... -

cara berfikir positif merupakan jalan menuju sukses

Selanjutnya

Tutup

Money

Internet Marketing bagi Pembisnis

30 Oktober 2013   04:15 Diperbarui: 24 Juni 2015   05:51 71
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Bagi beberapa orang mungkin belum paham betul dengan internet marketing,begitupula dengan saya yang masih asing dengan kata-kata tersebut. Setelah saya membaca beberapa artikel dapat di simpulkan bahwa internet marketing adalah memasarkan atau menjual barang ataupun jasa secara online melalui media internet.

Melalui internet siapa saja berhak memasarkan barang dagangannya secara online, biaya yang di keluarkan dapat lebih rendah di bandingkan jika kita memiliki kantor atau toko sendiri.

Dua hal penting yang harus dimiliki oleh internet marketing adalah Website dan email

Artikel terkait : Apa itu Internet Marketing? Bagaimana Internet Marketing Bekerja

Sales website

Sales website adalah bentuk terbaik dari internet marketing. Perusahaan atau individu yang ingin mensetup website akan memberikan kesempatan kepada calon customer untuk membeli produknya. Customer akan mengunjungi website, melakukan pemesanan, melkukan pembayaran secara online atau transfer via bank, dan barang dikirimkan ke customer. Semua transaksi ini akan dilakukan secara elektronik dan otomatis.

Proses pembelian ini dilakukan oleh customer tanpa harus meninggalkan rumah, cukup dilakukan dari depan computer yang terhubung internet.

Websites Informasi

Ada website tipe lain, yakni Website Informasi untuk internet marketing. Website tipe ini dibuat untuk menginformasikan tentang seluk beluk sebuah produk. Dan diharapkan dengan website yang berisi informasi tentang produk yang dijual akan memberikan penjelasan pada calon customer agar membeli produk yang dijual.

Email marketing

Pebisnis online akan menggunakan email untuk mengintak calon customer (prospek) memberikan penawaran. Pebisnis akan meminta kepada prospek agar mau menerima setiap informasi yang akan dikirim melalui email tentang produk-produknya. Setelah prospek setuju untuk menerima informasi itu, maka biasanya akan mengirimkan informasi/promosi via email tentang produk dan perusahaannnya dalam bentuk sales letter atau brosur.

Email marketing adalah cara yang paling mudah, murah dan efektif untuk mendistribusikan sales letter. Dan lebih ramah lingkungan dibandingkan mengirimkan kertas brosur ke alamat prospek. Tetapi email marketing akan menjadi tidak efektif dan memberikan efek negative bila pebisnis online melakukan spam.

Itulah sedikit informasi mengenai menjalankan usaha melalui internet. Semoga dapat bermanfaat bagi anda yang ingin membuat usaha secara online, terimakasih.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun