Mohon tunggu...
Nurrahman Fadholi
Nurrahman Fadholi Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswa, pengajar, penulis

Mahasiswa Sastra Inggris Universitas Terbuka Yogyakarta dan pengajar Bahasa Inggris

Selanjutnya

Tutup

Music

Coldplay dan Kenangan Mengajar Les Privat Drum

15 Mei 2023   22:35 Diperbarui: 15 Mei 2023   22:39 150
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Grup musik Coldplay. (sumber foto: beritasatu.com)

Grup musik asal Inggris, Coldplay baru-baru ini tengah menjadi perbincangan di Indonesia. Pasalnya, grup band yang digawangi oleh Chris Martin (vokal), Jonny Buckland (gitar), Guy Berryman (bass), dan Will Champion (drum) ini akan menggelar konser perdananya di Jakarta pada 15 November 2023 mendatang. Konser tersebut akan diselenggarakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK). Penonton di Indonesia sangat antusias dengan grup band yang dibentuk pada tahun 1997 tersebut. Meskipun konser tersebut diselenggarakan pada bulan November mendatang, namun pembelian tiket konser yang seharga pada kisaran 11 juta ini sudah dibuka dari sekarang.

Membicarakan soal Coldplay, aku ada sedikit cerita nih tentang grup band tersebut. Ceritanya, pada bulan Januari 2017, aku dapat orderan untuk mengajar les drum. Siswanya saat itu sekitar umur 8 tahunan. Saat mengajar les drum, aku bingung untuk menentukan lagu apa yang akan aku gunakan untuk mengajar siswa yang masih berusia anak-anak. Akhirnya, aku coba putarkan salah satu lagunya Coldplay, judulnya In My Place dan dia aku suruh menirukan pola drumnya yang terkesan monoton dan mudah untuk dipelajari. Lagu tersebut aku putar berulang-ulang. Akhirnya, siswanya pun sedikit menikmati dan bisa mengikuti les drumnya dengan baik. Les tersebut berlangsung selama tiga kali pertemuan. Selama les drum ini, aku pernah menawarkan, "Mau ganti lagu apa ini aja?". Dia pun menjawab, "Ini aja mas. Nggak usah ganti". Jadi, selama tiga pertemuan itu, lagunya hanya In My Place terus dan tidak ganti-ganti.

Lagu In My Place merupakan satu-satunya lagunya Coldplay yang aku suka. Pola drumnya yang terkesan monoton namun aransemennya cukup nyaman di telinga. Mungkin karena menggunakan nada dasar A mayor jadi lagunya sangat enak menurutku karena jujur saja, aku memang suka lagu-lagu yang menggunakan chord A mayor sama D mayor, namun tidak menutup kemungkinan untuk suka lagu dengan chord lain. Itulah pengalamanku saat mengajar les drum menggunakan salah satu lagu hits-nya Coldplay. Mungkin kalian ada pengalaman yang sama tentang Coldplay, bisa kalian bagikan di kolom komentar. Sekian dan terima kasih.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Music Selengkapnya
Lihat Music Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun