Pandemi covid 19 membawa dampak besar terhadap perubahan tatanan kehidupan masyarakat di seluruh dunia, lebih-lebih di negara Indonesia. Perubahan ini membuat masyarakat harus bisa beradaptasi dengan kondisi yang ada, baik kehidupan sosial masyarakat maupun Ekonomi.Â
Masyarakat dipaksa harus bisa menyesuaikan diri dengan keterbatasan yang ada. Untuk itu masyarakat dipaksa harus bisa menghadirkan inovasi yang dapat membantu terlaksananya kelancaran kegiatan supaya bisa menunjung kebutuhan rumah tangga.
Penyebaran covid 19 bukan hanya berbahaya terkait kesehatan, ekonomi. Tetapi juga Penyebaran virus Covid-19 memberikan dampak bagi pelaku UMKM di Indonesia maka dari itu para pelaku usaha harus mampu tegak berdiri dalam melanjutkan sebuah usahanya yang telah di jalani dan juga menjadikan sebuah pertahanan yang kuat agar usaha nya dapat bertahan.
Peran pelaku UMKM ditengah wabah untuk tetap menjaga pertumbuhan UMKM menjadi sangat penting.Â
Seperti yang telah kita ketahui bahwa dengan adanya kesadaran dari para pelaku ekonomi atau masyarakat yang mana akan selalu menjaga kesehatannya, para pelaku usaha pun harus mampu mengantisipasi hal tersebut.  Yang mana bisa dikatakan masyarakat  akan lebih berhati-hati dalam membeli produk seperti makanan, maupun barang. dikarenakan munculnya rasa paranoid yang tercipta secara alamiah.Â
Karena seperti yang telah di informasikan bahwa virus dapat menular melalui adanya kontak fisik secara langsung dengan orang yang telah terjangkit atau positif covid-19 dan juga mampu tertular melalui benda mati atau makanan.
Para pelaku usaha yang mempunyai kemampuan untuk dapat memperoleh berbagai informasi, berfikir abstrak, menalar serta bertindak secara efektif dan efisien, maka akan senantiasa mengembangkan usaha nya secara lebih kreatif. Â Selain itu seorang wirausaha harus memiliki keahlian atau skill yang berbeda dari wirausaha-wirausaha yang lain.Â
Kemampuan diri dari seorang wirausaha menjadi ciri khas yang unik dari produk-produk yang dihasilkannya, dan diharapkan akan mampu menghadapi persaingan yang tidak dapat diprediksi. Yang mana dalam menangani musibah yang tengah dialami untuk dapat mempertahankan usahanya. Sehingga dapat menjadi sesuatu yang dapat di terima oleh konsumen maupun masyarakat.
Dengan adanya jiwa kreativitas pada seorang pelaku usaha dapat mengubah sesuatu yang telah dimiliki sesorang menjadi lebih menarik baik dilihat dari segi bentuknya maupun dari segi keindahannya.Â
Selain itu para kios, mall, maupun tempat, para pelaku usaha tempati otomatis akan di tutup untuk sementara demi terhindarnya virus karena para konsumen atau masyarakat lainnya di himbau untuk selalu tetap berada di dalam rumah selama Pandemi covid-19 ini.Â
Maka jalan anternatif lainnya penggunaan media sosial sangat bermanfaat untuk melakukan transaksi perbelanjaan selama masyarakat berada di dalam rumah. Dan para usaha masih bisa dapat dijalankan.Â