Mohon tunggu...
nur nazilaawaliah
nur nazilaawaliah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Peran Manajer dalam Organisasi

16 Desember 2024   17:59 Diperbarui: 16 Desember 2024   17:58 12
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

oleh : Nur Nazila Awaliah

Dalam sebuah organisasi, peran manajer sangat krusial untuk memastikan operasional berjalan efektif dan tujuan organisasi tercapai. Manajer bertanggung jawab dalam mengelola sumber daya manusia, keuangan, dan aset lainnya untuk mencapai target yang telah ditetapkan. Henry Mintzberg, seorang ahli manajemen, mengidentifikasi bahwa peran manajer terbagi dalam tiga kategori utama, yaitu peran interpersonal, peran informasional, dan peran pengambilan keputusan.

1.Peran Interpersonal

Sebagai pemimpin dalam organisasi, manajer memainkan peran interpersonal yang berkaitan dengan interaksi mereka dengan orang lain, baik di dalam maupun di luar organisasi. Peran ini meliputi tiga fungsi utama, yaitu:
*Figur Kepala (Figurehead): Manajer bertindak sebagai simbol atau representasi organisasi dalam acara formal, seperti pertemuan dengan mitra bisnis, pertemuan dewan, atau acara sosial perusahaan.

*Pemimpin (Leader): Manajer bertanggung jawab untuk memimpin, membimbing, dan memotivasi karyawan agar dapat bekerja secara efektif. Ini mencakup pengelolaan kinerja karyawan, memberikan umpan balik, dan memastikan tim memiliki keterampilan yang dibutuhkan.

*Penghubung (Liaison): Manajer menjalin koneksi dengan pihak eksternal, seperti pelanggan, mitra bisnis, atau lembaga pemerintah. Ini memungkinkan manajer memperkuat jaringan dan mendukung pertumbuhan bisnis.

2.Peran Informasional

Sebagai pengelola informasi, manajer bertindak sebagai pusat pengumpulan, analisis, dan distribusi informasi kepada pihak internal dan eksternal. Peran ini mencakup tiga fungsi utama, yaitu:
*Monitor: Manajer mengumpulkan informasi dari berbagai sumber, termasuk laporan kinerja, tren pasar, dan umpan balik dari karyawan. Informasi ini membantu manajer membuat keputusan yang tepat.

*Penyebar Informasi (Disseminator): Manajer bertanggung jawab untuk menyampaikan informasi yang relevan kepada tim dan karyawan. Hal ini memastikan bahwa semua anggota tim memiliki pemahaman yang sama tentang tujuan, kebijakan, dan perubahan organisasi.

*Juru Bicara (Spokesperson): Manajer bertindak sebagai perwakilan organisasi saat berkomunikasi dengan pihak eksternal, seperti media, pemerintah, atau mitra bisnis. Peran ini penting untuk membangun citra dan reputasi organisasi.

3.Peran Pengambilan Keputusan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun