Pembelajaran merupakan proses berinteraksi para guru dengan para siswanya di lingkungan sekolah . Dan pembelajaran ini juga sebuah proses penyaluran ilmu pengetahuan dari tenaga pendidik ke anak didiknya. Yang membedakan pembelajaran dengan pendidikan adalah  pembelajaran itu suatu pelaksanaan penyaluran ilmu pengetahuan kepada anak didik sedangkan pendidikan sebuah proses menuntun atau membimbing anak didiknya dengan segala keterampilan yang dimiliki oleh para gurunya. Nah, bagaimana dengan pelaksanaan pembelajaran bahasa arab daring di masa pandemic covid-19 ini ? Tentunya akan ada beberapa kendala yang akan dialami diantaranya :
1. kendala pada jaringan yang terlalu lambat atau  bisa jadi tidak adanya saluran internet;
2. kendala lainnya seperti persoalan pembelajaran bahasa arab ini sudah pasti akan sangat banyak penjelasan yang akan di sampaikan kepada anak didiknya misalnya bahasan materinya mengenai isim, fiil, dan huruf para tenaga pendidik bidang studi bahasa arab akan menjelaskannya dengan sangat rinci jikalau pertemuannya tatap muka. Namun, sekarang pendidikan dengan semua bidang studi di rumahkan atau belajar dari rumah, dengan adanya pandemic covid-19 ini guru bidang studi bahasa arab tidak akan bisa menyampaikan penjelasannya secara rinci. Dijelaskan dengan pertemuan tatap muka saja para siswanya sudah merasa bahasa arab itu sangat sulit dimengerti bagaimana halnya daring!Â
3. Kendala lainnya kemungkinan tidak semua para guru bidang studi dapat mengakses media online  dengan cepat misalnya para guru yang sudah lansia (lanjut usia ) pasti akan memiliki kendala dalam menyampaikan penjelasannya di media online. Guru lansia tersebut sudah pasti akan merasakan kebingungan dengan penggunaan sistem daring ini.Â
Oleh karena itu, bukan hanya di pembelajaran bahasa arab saja yang memiliki beberapa kendala di atas pasti semua profesi akan mengalami beberapa kendala dibidang profesi yang ditekuninya. Â Setiap kendala juga akan ada yang namanya solusi atau cara mengatasinya solusinya adalah sebagai berikut:
1.setiap para siswa ataupun para gurunya berinisiatif dengan melakukan kebijakan luring ( sistem pembelajaran tugas diberikan disekolah kepada anak muridnya dan diserahka dengan waktu yang di tentukan oleh piihak guru yang bersangkutan);
 2.Solusi untuk para guru yang tidak dapat mengakses dengan sistem penggunaan online ini bisa memintai bantuan kepada yang lebih mahir daripadanya seperti ke anak-anaknya , guru lainnya, dan lainnya;
3. pada kendala penyampaian materi pembelajaran bahasa arab seorang guru dapat menjelaskannya dengan berupa video animasi, power point, menjelaskan dengan video recorder dan lain sebagainya sesuai dengan krreatifitas seorang tenaga pendidik sejalan dengan bidang studi yang di tekuninya.
 itulah beberapa kendala serta solusi yang bisa saya jelaskan dan  semoga kita semua dapat melewati pandemic covid-19 dan senantiasa berdo'a kepada Allah SWT.Â
DOSEN PEMBIMBING LAPANGAN: Dr. H. Wirman Tobing. MA.
KKN-DR KELOMPPOK 111