Mohon tunggu...
Nur Mentari Soleha
Nur Mentari Soleha Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Halo sobat kompas!!! Aku adalah mahasiswa dari kampus universitas mataram. Aku ingin mengembangkan kreativitas agar bisa menerapkan untuk peserta didik dan unutk menumbuhkan kreasinya.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Upaya Meningkatkan Kreativitas Seni Tari Melalui Ekstrakurikuler Tari Kreasi Nusantara Kelas 3 SDN 27 Cakranegara

1 Juli 2024   17:55 Diperbarui: 1 Juli 2024   18:01 32
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi pribadi pertunjukan Tari Kreasi Nusantara pada saat acara pelepasan kelas 6 SDN 27 Cakranegara

Pendidikan seni ialah pendidikan yang memberikan wadah bagi anak untuk mengapresiasi diri sendiri dan lingkungan Pembelajaran seni bisa diperoleh di lingkungan internal maupun eksternal. Pembelajaran internal seperti pada mata pelajaran seni budaya tentang materi seni tari, sedangkan dalam pembelajaran eksternal seperti ekskul tari, kelas tari di sekolah maupun di luar sekolah, sanggar dll.

Dalam pembelajaran seni budaya khususnya seni tari, materi tari tradisional daerah merupakan salah satu materi tari yang dapat dengan jelas ditangkap oleh peserta didik, dengan cara melihat dari gambar saja biasanya peserta didik sudah dapat membeakan tarian apa yang mereka liat, atau ada juga yang tidak tau nama tariannya dan asal daerahnya tapi peserta didik sudah dapat menjelaskan tarian tersebut bagus atau tidak. Namun hal seperti itu bukanlah hal yang diharapkan dalam tujuan pembelajaran khususnya pembelajaran seni budaya. Maka dari itu dalam penerapan nguna untuk menumbuhkan kreativitas tari melalui keunikan tari tradisional daerah diberian pembahasan mengenai tari tradisional daerah melalu media dan alat bantu, gambar dan vidio serta spiker dapat membantu menarik antusias siswa dalam mengawali pembelajaran seni tari ini.

Di luar jam sekolah, siswa terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler untuk memperluas wawasan dan meningkatkan keterampilan mereka, seperti yang dilakukan pada ekstrakulikuler tari tradisional SDN 27 Cakranegara. Pembelajaran tari banyak dimanfaatkan sebagai media pendidikan. Karena tari melayani berbagai tujuan, dianggap sebagai media pendidikan yang efektif. Fungsi seni tari sebagai media pendidikan meliputi pengenalan tubuh, pembentukan tubuh, sosialisasi diri, pengembangan karakter, dan komunikasi.

Dalam ekstrakulikuler tari tradisional SDN 27 Cakranegara tarian yang diajarkan kepada siswa yaitu tari nusantara yang berasal dari daerah Lombok, lebih tepatnya tari "Kadal Nongak". Pada pembelajaran Tari di ekstrakulikuler, berdasarkan hasil observasi dan wawancara, selama pembelajaran tari berlangsung, sebelum memulai kegiatan pembelajaran pelatih terlebih dahulu memberikan sedikit penjelasan mengenai tarian apa yang akan di ajarkan kepada siswa, sehingga siswa bisa mengetahui informasi umum mengenai tarian tersebut serta keunikan yang di miliki, dan siswa bisa mengetahui teknik tarian tersebut secara baik yaitu dengan cara bertanya langsung serta mengintropeksi diri sehingga siswa bisa menyelesaikan satu tarian tersebut dengan benar

Tujuan Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Tari Tradisional ini adalah untuk memperkenalkan kebudayaan daerah kepada anak, salah satunya lewat tari tradisional. Sehingga anak sudah mengenal kebudayaannya sejak dini, Kemudian selain itu juga tujuan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler ini adalah untuk membantu mengembangkan motorik anak, dan juga rasa percaya diri anak.

Akan tetapi, kendala dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Tari Tradisional ini adalah dari anak sendiri yaitu kadang anak berada pada masa badmood nya sehingga anak tidak bersemangat dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tari Tradisional ini. Cara menanggulangi kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler tari tradisional adalah guru melakukan berbagai cara seperti memberikan motivasi, membujuk dan merangkul anak agar anak kembali bersemangat dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tari tradisional. 

Dalam penerapan proses pembelajaran tari tradisional daerah dipilih karena memiliki kekhasan yang dapat diamati atau dilihat langsung oleh peserta didik, sehingga dapat membedakan perbedaan dari satu daerah dan yang lainnya. Keunikan tersebut dapat dilihat dari unsur -- unrur utama ataupun unsur pendukung yang ada dalam tarian tradisional daerah tersebut. Sehinga memudahkan siswa untuk memilihatau lebih menarik untuk dijadikan stimulus dalam menciptakan atau merangkai gerak tari yang memiliki ke khasan.

Keberhasilan kegiatan ekstrakurikuler seni tari untuk meningkatkan kretivitas seni pada peserta didik dapat dilihat dari kemampuan peserta didik dalam merangkai gerakangerakan tari pada tari kreasi. Penilaian yang dapat dijadikan tingkat ukuran manfaat kegiatan pelatihan tari ini, dapat dilihat dengan terealisasinya penampilan seni tari kreasi.

Dokumentasi pribadi foto bersama kepala sekolah SDN 27 Cakranegara
Dokumentasi pribadi foto bersama kepala sekolah SDN 27 Cakranegara

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun