Mohon tunggu...
Nurmayah
Nurmayah Mohon Tunggu... Guru - GURU

PECINTA KUCING

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Aksi Nyata Modul 1.1 Pemikiran Ki Hajar Dewantara (Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 9) Kota Palu

31 Agustus 2023   18:28 Diperbarui: 31 Agustus 2023   18:54 250
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tujuan pendidikan menurut bapak KI HAJAR DEWANTARA adalah "menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak itu, agar mereka sebagai manusia dan anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi- tingginya"

selama mengikuti pendidikan guru penggerak pada modul 1.1 saya merasa pembelajaran atau layanan yang saya berikan selama ini masih berpusat pada guru pdahal kenyataanya harusnya berpusat pada siswa sehingga saya melihat siswa menjadi tidak mandiri, tidak leluasa mengeluarkan ide dan gagasanya, siswa hanya menunggu apa yang diberikan guru dengan banyak melihat efek dari hal tersebut ,saya banyak belajar tentang pemikiran bapak KI HAJAR DEWANTARA , filosofi pendidikan bapak KI HAJAR DEWANTARA sebaikanya kita memberikan pendidikan yang menuntun , memberikan teladan ke siswa siswa kita,

seperti menyambut siswa saat mereka tiba disekolah

Dok. pribadi
Dok. pribadi

dengan melihat kenyataan yang ada maka saya ingin merubah pembelajaran atau pemberian layanan, yang berpusat pada siswa, sebelum saya melakukan aksi nyata terlebih dahulu saya melakukan perencanaan, terlebih dahulu dengan berdiskusi dengan teman sejawat, kemudian saya menyiapkan perangkat ajar berupa modul, kemudian pada saat pemberian layanan klasikal dikelas dimulai dengan berdoa terlebih dahulu agar melatih sifar religius siswa, setelah itu saya menjelaskan tujuan layanan.

Setelah itu siswa dikelompokkan dimasing masing kelompok, kemudian siswa duduk dengan masing masing anggota kelompoknya kemudian masing masing kelompok diberikan materi yang akan mereka buat dan persentasekan dalam bentuk projek di power point terlihat siswa sangat antusias ada yang antusia dalam mencari materi ,ada yang antusias dalam mebuat power point, semua siswa terlihat senang , setelah selesai masing masing kelompok mempersentasikan power point mereka, dan kelompok lain memberi komentar ,diakhir materi saya memberikan penguatan terhadap masing masing kelompok, dan setelah selesaia jangan lupa selalu diakhiri dengan doa.

setalah itu saya mencoba untuk merefleksi agar menjadi acuan pemberian layanan kedepan terdapat tantangan yaitu pada saat kerja kelompok masih ada beberapa siswa yang masih terlihat cuek saja , dan tidak memberi sumbangsi saran terhadap kelompoknya dan pada saat persentasi hanya ada beberapa siswa didalam kelompok yang berani berbicara.solusi yang dapat saya berikan yaitu memberikan materi tentang percaya diri atau pendekatan secara individu atau konseling individu 

sekian artikel saya kali ini semoga bermanfaat..terimaksih

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun