Nur Maulida Faza
Pendidikan Bahasa Arab sudah di mulai sejak sekolah tingkat dasar (madrasah ibtidaiyah). Pendidikan itu dianjurkan di sekolah menengah tingkat pertama (madrasah tsanawiyah) kemudian di tingkat atas. Â
Aktivitas pembelajaran berjalan biasa-biasa saja. Kalau ada masalah pada tingkat ini tidak begitu mendapat perhatian, karena segera dimaklumi bahwa pelajaran bahasa Arab kurang diminati oleh anak-anak kalangan muda.
Pada kenyataanya masalah atau kesulitan dalam mempelajari bahasa Arab sampai sekarang ini masih banyak terjadi dikalangan lembaga pendidikan. Seperti halnya masalah yang terjadi di pendidikan formal baik wustho maupun ulya yang setara dengan madrasah tsanawiyah atau aliyah.Â
Hal itu telah direspon dari para pengajar yang merasakan langsung masalah-masalah dalam pendidikan bahasa Arab di tingkat ini. Masalah tersebut tidak lagi bisa disebut sebagai masalah yang dimaklumi begitu saja seperti di tingkat atas (aliyah). Untuk itu dari masalah-masalah yang ada akan mendapat perhatian serius. Yang dimkasud dari masalah-masalah tersebut salah satunya adalah rendahnya maharoh kalam.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI