Abstrak
pembahasan mengenai kedudukan dasar pengetahuan geografi akan dipadukan dengan tahapan sebuah kurikulum sekolah akan dibahas disini. dewasa ini ilmu geografi masih belum dapat dikatakan mumpuni sebagai ilmu yang benar-benar dipandang dan diperhatikan, namun takkan mampu menghalangi semangat juang para ahli geografi untuk tetap mengepakkan sayapnya di kancah pergejolakan materi dan kurikulum di bangku sekolah.Â
para guru yang memang berlatar belakang geografi juga sepakat dengan itu, tak sedikit guru yang bertalenta tetap optimis untuk mencari kedudukan ilmu geografi ini dalam kurikulum sekolah. hal-hal yang pastinya harus diperhatikan dalam pengembangan ilmu geografi adalah dengan mempertimbangkan ruang lingkup dengan penyajian aspek materinya. dan juga memperhatikan peserta didik melalui kepintaran intelektual dan psikologisnya. semua aspek akan kita bahas demi memberikan dampak besar terhadap ilmu geografi.Â
seiring dengan berkembangnya kemajuan yang pesat, ilmu geografi dan kurikulum sekolah juga akan mengikuti perkembangan zamannya dan berkiblat pada ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin menguasai segala unsur pengetahuan.kedudukan ilmu geografi yang dinamis dan open minded akan dibarengi dengan teknologi yang canggih. pengetahuan dasar dalam geografi adalah permukaan bumi dan peta, akan lebih diberikan pemahaman sesuai dengan inovasi dan kreativitas seorang guru dalam mengembangkan potensi yang dimiliki para peserta didiknya agar bisa merubah mindset dan pola hidup serta lebih memperluas ilmu geografi itu sendiri.
Pendahuluan
ilmu geografi dimana kita dituntut untuk bisa memahami teori yg ada di ilmu geografi ini serta bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari .karena setiap ilmu pendidikan jika tidak bisa dalam menerapkannya itu sama saja tidak memahami atau menguasi materi yang ada di ilmu pendidikan tersebut. salah satu tujuan pendidikan adalah membentuk karakter seseorang. karakter tersebut dapat dibentuk melalui pemberlajaran yang terintergrasi. setiap pembelajaran harus dilakukan secara interaktif,inisiatif,kreativitas,dan manyenangkan.Â
dilihat dari sudut pandang afektif peseta didik diharapkan mampu membangun kemampuan untuk bertindak cerdas,brertanggung jawab dalam menghadapi masalah sosial,ekonomi dan kebencanaan. untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional sebagaimana yang disebut dalam UU sisdiknas, perlu disusun standar nasional pendidikan salah satunya adalah standar isi dimana kurikulum menjadi salah satu bagiannya. Artikel ini akan membahas mengenai "Bagaimana penerapan , bentuk, serta gambaran ilm geografi dalam kurikulum 2013".
karakteristik ilmu geografi
Geografi berasal dari dua suku kata yaitu geo dan graphien. Geo yang artinya bumi dan graphien yang artinya penjelasan, tulisan, gambaran. ilmu geografi selalu mengalami penyesuaian. salah satu contohnya yaitu pendapat dari Richard Hartshorne yang dikutip oleh sumaatdja (1997:9) tentang: "geography is that dicipline that seeks to describe and interpret the variable character from place to place of the earth as the world of man". Hartshorne ingin menekankan bahwa tempat kehidupan manusia memliki perbedaan-perbedaan karakter, dan ilmu geografi berusaha mencari penjelasan tentang prestasi karakter tempat-tempat dipermukaan bumi.Â
konsep geografi menurut rumusan geografian indonesia pada seminar dan lokakarya nasional peningkatan kualitas pengajaran di semarang tahun 1988: "Geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang lingkungan dan kewilayahan dalam konteks keruangan". Geosfer yaitu ilmu yang mempelajari mengenai permukaan bumi yang terdiri atas atmosfer(lapisan udara), litosfer (lapisan batuan dan kulit bumi), hidosfer(lapisan air), biosfer(lapisan kehidupan).pada konsep geoghrafi ini terungkap hubungan saling memperngaruhi antara fenomena alam ditempat-tempat tertentu dengan perilaku serta tindakan manusia.
Kedudukan ilmu geografi dalam kurikulum sekolah