Perkembangan teknologi di era globalisasi merupakan sarana bagi suatu negara dalam membangun industri kreatifnya, tak terkecuali Indonesia. Di pungkiri atau tidak, industri kreatif yang merupakan hasil dari pemanfaatan kreativitas dan keterampilan serta daya cipta dari setiap individunya. Jelas, membutuhkan wadah guna memaksimalkan industri kreatif yang siap bersaing dan tahan banting dalam menyongsong pasar dunia.
Berkaca dari negara-negara maju seperti Amerika Serikat, Jepang dan Eropa. Industri kreatif adalah salah satu penyumbang pendapatan negara yang sangat luar biasa. Sehingga memanfaatkan teknologi begitu penting pada masa sekarang ini. Interaksi digital yang berteknologi akan mempermudah komunikasi antar manusia lewat jaringan digital seperti alat-alat elektronik,media sosial, media massa, serta teknologi yang sedang berkembang saat ini, internet.
Bahkan, untuk ekonomi kreatif yang berbasis teknologi belakangan ini paling mendapat perhatian yang luar biasa di Indonesia, yaitu di bidang bisnis jual beli online (e-commerce). Perkembangan bisnis jual beli online di Indonesia akhir-akhir ini memang sedang booming. Anak-anak kreatif Indonesia seakan-akan berlomba dalam menyalurkan ide-ide kreatifnya untuk memanfaatkan teknologi informasi.
Pemain-pemain seperti Buka Lapak.com, Tokopedia, OLX, Elevenia, dan Lazada. Seakan mendapat angin segar dengan maraknya penggunaan Smartphone di Indonesia, di tambah akses layanan telekomunikasi yang ditawarkan oleh provider-provider seperti PT. Telkom Indonesia memberi kemudahan dalam melakukan transaksi jual beli online tersebut. Adanya akses internet yang begitu cepat dan terjangkau, jelas memungkinkan para pengguna ponsel di Indonesia bisa membeli produk-produk yang mereka suka hanya dengan melakukan transaksi menggunakan ponsel saja.
Hal ini tentu akan menjadi kabar yang menggembirakan, apabila kebutuhan akan akses layanan telekomunikasi yang memang memiliki peranan yang sangat penting guna sebagai sarana pendukung perkembangan dan kesuksesan industri kreatif di Indonesia benar-benar terwujud.
Namun, kenyataannya letak geografis Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau dan pegunungan, jika hanya mengandalkan sistem pemancar dan teknologi kabel serat optik akan kesulitan untuk menjangkau daerah-daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T) di Indonesia.
Maka, sistem komunikasi berbasis satelit-lah yang tentu saja bisa menjadi solusi dan opsi terbaik guna mengoptimalkan kinerja akses layanan telekomunikasi di Indonesia.
PT. Telkom Indonesia yang hadir dengan misinya “Jelajah Angkasa” ini memang memberi bukti bukan janji bahwa mereka (PT. Telkom Indonesia) benar-benar cinta Indonesia. Dengan melakukan terobosan nyata, sebagai wujud komitmennya tanggal 15 Februari 2017 PT. Telkom Indonesia telah berhasil meluncurkan satelit komunikasi baru yang diberi nama Satelit Telkom 3S, langsung dari Guiana Space Center Kourou, Guyana Perancis.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H