Dalam proses kegiatan belajar mengajar sebelumnya ada yang harus diperhatikan baik pengajar maupun peserta pendidik, salah satunya yaitu mengenai ragam-ragam pembelajaran. Hal tersebut penting sekali karena diharapkan nanti dalam proses belajar mengajar dapat terlaksana sesuai dengan tujuan yang ditetapkan.
Untuk mempertemukan tujuan pembelajaran dapat di upayakan dengan cara mengkomunikasikan tujuan tersebut kepada siswa. Dampaknya memang berbeda-- beda pada diri rangsangan agar siswa merumuskan sendiri apa yang diingikan atau diharapkan dari kegiatan belajar yang hendak dilakukan.
Keanekaragaman belajar muncul dalam dunia pendidikan sejalan dengan kebutuhan kehidupan manusia yang bermacam-- macam. Lebih jelasnya mengenai ragam-ragam pembelajaran akan diterangkan pada bab selanjutnya.
Keanekaragaman jenis belajar ini muncul dalam dunia pendidikan sejalan dengan kebutuhan kehidupan manusia yang juga bermacam-- macam.
1.Ragam abstrak
Belajar abstrak ialah belajar yang menggunakan cara-- cara berpikir abstrak. Tujuannya adalah untuk memperoleh pemahaman dan pemecahan masalah-- masalah yang tidak nyata.
2.Ragam keterampilan
Belajar keterampilan adalah belajar dengan menggunakan gerakan-- gerakan motorikyakni yang berhubungan dengan urat-- urat syaraf dan otot-- otot (neuromuscular). Tujuannya adalah memperoleh dan menguasai
3.Ragam social
Belajar social pada dasarnya adalah belajar memahami masalah-- masalahdanteknik-teknikuntukmemecahkanmasalahtersebut. Tujuannya adalah untuk menguasai pemahaman dan kecakapan dalam memecahkan masalah-- masalah sosial seperti dalam masalah keluarga, masalah persahabatan, masalah kelompok, dan masalah-- masalah lain yang bersifat kemasyarakatan.