Cerita Praktik Baik (Best Practice)Â
Belum Maksimalnya Pemahaman Peserta DidikÂ
Terhadap Materi Pembelajaran
Â
Â
Â
PENDAHULUAN
Â
Pemahaman merupakan hasil dari adanya proses pembelajaran. Hal tersebut menggambarkan bahwa pemahaman merupakan bagian dari hasil belajar sehingga faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar juga sama dengan faktor-faktor yang mempengaruhi pemahaman.
Keberhasilan suatu pembelajaran bagi peserta didik tidak lepas dari aktivitas peserta didik selama pembelajaran berlangsung. Aktivitas dari masing-masing peserta didik akan memberi kesan tersendiri serta berpengaruh pada cepat dan tidaknya peserta didik dalam menyerap materi yang diberikan. Hal ini selaras dengan pendapat Bobbi DePorter dalam Quantum Teaching, mengutip pendapat Veron A Magnesium yang menyatakan bahwa orang belajar 10% dari apa yang dibaca, 20% dari apa yang didengar, 30% dari apa yang dilihat, 50% dari apa yang dilihat dan didengar, 70% dari apa yang dikatakan, dan 90% dari apa yang dikatakan dan dilakukan.
PEMBAHASAN