1. Di kutip dari https://library.binus.ac.id Perceptual map adalah sebuah teknik grafik dimana digunakan oleh para marketer yang bertujuan untuk memberikan tampilan gambaran persepsi konsumen atau potensial konsumen.Â
Biasanya memposisikan dari produk, ragam produk, merek atau perusahaan yang ditampilkan berhubung dari persaingan.
 Berikut merupakan contoh perceptual mapping dari saya
Dapat dilihat dari grafik diatas bahwa shopee lebih unggul atau lebih memiliki kualitas yg bagus dan harga yang terjangkau serta memiliki konsumen yang sangat banyak di bandingkan toko online shopp lainnya.
2. Positioning mapping
Dikutip dari majoo.id Positioning adalah salah satu aktivitas perusahaan dalam merancang produk dan strategi marketing agar dapat menciptakan kesan tertentu yang diingat di benak konsumen.
contohnya yaitu pada brand Aqua
1. Segmenting
Sasaran pasar untuk Aqua adalah masyarakat indonesia dan sekitarnya
2. Targetting
Sasaran targetnya adalah seluruh masyarakat di indonesia baik dari sabang hingga Merauke baik dari yang tua hingga yang muda, karena aqua merupakan kebutuhan utama setiap manusia.