Kemampuan literasi merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting dimiliki oleh setiap manusia, terlebih lagi untuk siswa yang masih mengeyam pendidikan. Namun, fakta di lapangan menunjukkan bahwa masih banyak siswa dengan kemampuan literasinya kurang. Hal tersebut memang dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Kemampuan literasi tidak hanya dipenuhi dengan kemampuan membaca dan menulis, tetapi menggunakan berbagai kemampuan setiap individu dalam berbahasa untuk kebermaaknaan dalam kehidupan. Oleh karena itu, siswa perlu cakap dalam kemampuan literasi ini. Program literasi ini merupakan salah satu tujuan pembelajaran yang masih perlu digencarkan di sekolah-sekolah. Salah satu sekolah yang menyelenggarakan program literasi ini yakni MI Al-Azhar Majalaya.
MI Al-Azhar Majalaya merupakan salah satu satuan sekolah formal yang setara dengan jenjang Sekolah Dasar (SD). Sekolah ini berlokasi di di Jalan Rancajigang No. 69 RT.01/RW.07, Desa Padamulya, Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat. Â Program literasi juga dilaksanakan di sekolah tersebut. Mengingat program literasi ini memerlukan upaya maksimal dan dukungan penuh, tim mahasiswa MBKM Mandiri Prodi PGSD Kampus UPI di Cibiru membantu sekolah dalam merealisasikan pojok baca di tiap kelas. Adapun tiga mahasiswa tersebut yakni Nurlaras Aljannah (NIM 1904644), Refa Raudhiatul Zahra (NIM 1902659) dan Aldi Rizki Ramdani (NIM 1907946).
Pojok baca yang di realisasikan di MI Al-Azhar Majalaya ini diselenggarakan pada Bulan Desember 2022. Pojok baca ini dibuat untuk setiap kelas yang ada di MI Al-Azhar Majalaya, mulai dari kelas I (satu) sampai kelas VI (enam). Pojok baca ini juga dilengkapi oleh pohon geulis. Pohon geulis ini merupakan media yang dibuat sebagai tempat menuliskan judul buku yang telah di baca oleh siswa. Rindangnya pohon geulis yang ada di setiap kelas menandakan tingkat keseringan membaca buku yang dilakukan oleh siswa. Hal ini berarti jika pohon geulis yang ada dalam suatu kelas terlihat gundul, maka artinya siswa dalam kelas tersebut jarang membaca buku. Pohon geulis ini diharapkan dapat memotivasi siswa untuk lebih sering membaca buku.
Selain pembuatan pojok baca dan pohon geulis, tim mahasiswa MBKM mandiri Prodi PGSD Kampus UPI di Cibiru juga melaksanakan acara pembukaan pojok baca. Pembukaan pojok baca ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk mensosialisasikan pojok baca yang ada di setiap kelas dan penyampaian mengenai pentingnya membaca buku. Selain itu, dalam program ini siswa juga melakukan kegiatan membaca bersama dan meriview buku. Dalam kegiatan ini siswa diminta untuk membaca buku yang ada di sekolah kemudian siswa diminta untuk menceritakan ulang atau meriview buku yang telah mereka baca. Â Kegiatan ini mendapatkan respon baik dari siswa. Hal ini dibuktikan dengan respon siswa yang sangat antusias untuk membaca buku dan meriview buku yang telah dibaca.
Berikut adalah dokumentasi pojok baca dan kegiatan pembukaan pojok baca yang dilaksanakan tim mahasiswa MBKM Mandiri Prodi PGSD Kampus UPI di Cibiru di MI Al-Azhar Majalaya.