Mohon tunggu...
nurina awanis
nurina awanis Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Nurina

Selamat Membaca :)

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN UNEJ 09 Sosialisai Pentingnya Branding serta Penjualan Online Batik Solo pada Masa Pandemi Covid-19

14 Maret 2021   10:02 Diperbarui: 14 Maret 2021   10:11 154
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

KKN Back to Village 2021 ini adalah KKN pulang ke Kampung halaman. KKN Back to Village kali ini saya lakukan di Kelurahan jember Lor Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Kelurahan Jember Lor memiliki luas daerah 247.176 Ha. Mayoritas masyarakatnya bekerja sebagai petani dan pedagang. Letak Kelurahan Jember Lor ini bisa dikatakan sangat strategis karena letaknya berada didekat pusat kota. 

Karena terletak di dekat pusat kota Kelurahan Jember Lor dapat dikatakan sangat ramai dan banyak aktivitas masyarakat dari wilayah lain. Adanya Pandemi Covid 19 ini menyebabkan aktivitas masyarakat sangat dibatasi guna mengantisipasi penularan Virus Corona. Sektor perdagangan di Kelurahan Jember Lor ini sangat berpotensi, sehingga saya mengambil tema KKN saya yaitu Program Pemberdayaan Wirausaha Masyarkat Terdampak Covid 19.

Permasalahan yang ada di Kelurahan Jember Lor ini salah satunya mengenai Virus Corona. Kelurahan jember Lor ini adalah salah satu kelurahan dengan resiko penularan Virus Corona ini sangat tinggi. Hal ini dikarenakan tingginya aktivitas masyarkat yang ada di kelurahan Jember Lor. Hal ini berdampak pada masyarkat, karena aktvitas masyarakat di batasi. 

Banyak masyarakat yang merasakan dampak dari Pandemi Covid 19 ini. Salah satunya pedagang atau UMKM yang berjualan. Dampak dari pembatasan kegiatan ini pelaku usaha banyak yang merasakan penurunan omset dari hasil penjualan produk mereka.

Pada KKN Back to Village 2021 yang dilaksanakan selama 45 hari, mulai tanggal 25 Januari sampai dengan 11 Maret ini saya mengambil tema Program Pemberdayaan Wirausaha Masyarakat Terdampak Covid 19. Sasaran dalam kegiatan KKN ini adalah Penjual Pakaian Batik Solo yang bernama Nina Novalita Pramangesti. Program Kerja saya dalam KKN saya adalah memberikan sosialisasi mengenai branding, marketplace dan juga e commerce serta cara pengaplikasian dari aplikasi tersebut seperti shopee.

dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
Program kerja pada KKN kali ini adalah sosialisasi mengenai pentingnya branding dan juga sosialisasi mengenai apa itu market places dan juga e commerce yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan produk. Setelah itu program kerja yang lain yaitu pendampingan kepada sasaran untuk mengeoprasian aplikasi shopee, dll. Serta pendampingan sasaran agar lebih aktif untuk bersosial media guna mempromosikan produk mereka. Program kerja ini akan dilaksanakan selama 5 minggu. Dan pada minggu ke 6 dilakukan evaluasi dari program kerja yang telah dilakukan. Serta minggu ke 7 dilakukan penyusunan laporan akhir.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun