Meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 melalui media papan flanel angka anak kelompok A di TK Dharma Wanita Sarikemuning
Latar belakang masalah dari praktik pembelajaran ini adalah :
- Kemampuan anak kelompok A dalam mengenal angka dan konsep bilangan 1-10 terdiri dari 5 anak dari 10 anak masih belum berkembang.
- Guru hanya menggunakan media poster angka di kelas
- Guru kurang memvariasi kegiatan pembelajaran
- Dari poin-poin diatas dapat diambil kesimpulan bahwa pertama anak kelompok A masih ada yang belum mengenal angka 1-10, anak-anak cenderung menghhafal angkanya saja tetapi masih belum bisa menunjukkannya. Â Kedua, guru kurang berinovasi untuk membuat media yang menarik minat anak dan bisa merangsang anak untuk melakukan kegiatan dengan antusias. Ketiga, Guru kurang memvariasi kegiatan pembelajaran, sehingga anak tidak tertarik untuk melakukan aktivitasnya dengan baik.
Dari analisis hasil kajian wawancara dan literatur penyebab dari tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 Â antara lain :
- Anak belum mampu mengenal angka 1-10
- Sebagian anak hanya mampu menghafal angkanya tetapi masih belum bisa menunjukkanya.
- Guru kurang memvariasi kegiatan pembelajaran.
Dari penyebab diatas, tantangan yang dihadapi guru adalah :
- Guru harus memberikan media yang tepat untuk anak
- Guru harus menciptakan sebuah media yang tepat untuk meningkatkan kemampuan anak mengenal konsep bilangan 1-10 (papan flanel angka)
- Guru tidak hanya menggunakan LKPD tetapi bisa menggunakan benda kongkrit
Langkah-langkah yang harus dilakukan oleh guru sesuai tantangan yang dihadapi antara lain :
- Guru harus memberikan media yang tepat untuk anak
Guru dapat menggunakan media yang sesuai dengan permasalahan yang dihadapi anak, sehingga penggunaan medianya tepat sasaran.
- Guru harus menciptakan sebuah media yang tepat untuk meningkatkan kemampuan anak mengenal konsep bilangan 1-10 (papan flanel angka)
- Guru dapat menciptakan karya inovasi pembelajaran untuk anak, tidak harus mahal tetapi bisa juga memanfaatkan bahan bekas dan bahan-bahan sederhana, sehingga guru bisa berinovasi sendiri sesuai permasalahan yang dihadapi anak pada saat pembelajran. seperti halnya yang saya buat sendiri yaitu media (papan flanel angka 1-10).
- Papan flanel angka: Â media ini sangat mudah digunakan, sangat menarik minat anak untuk belajar, karena anak dapat langsung menggunakannya pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung.
- Â
- Guru tidak hanya menggunakan LKPD tetapi bisa menggunakan benda kongkrit pada saat memberika tugas kepada anak-anak. Menggunakan benda-benda disekitar anak untuk mengenalkan konsep bilangan kepada anak.
Dampak dari langkah yang dilakukan dirasa hasilnya efektif dapat terlihat diantaranya :
- Mengenalkan konsep bilangan 1-10 kepada anak melalui media papan flanel angka sangat efektif serta dapat menarik minat anak untuk melakukan kegiatan pembelajaran di dalam kelas.
- Guru dapat  memberikan kesempatan kepada anak untuk melakukan kegiatan pada papan flanel secara bergantian.
oleh
nuril maisyaroh, S.Pd
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H