Mohon tunggu...
Nurhidayatullah
Nurhidayatullah Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa di universitas muhammadiyah mataram

membaca membuat kamu keren

Selanjutnya

Tutup

Analisis

Teori perkembangan sosial dan kognitif oleh lev vygotsky dan jean pieget

19 Januari 2025   13:20 Diperbarui: 19 Januari 2025   13:20 16
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Analisis Cerita Pemilih. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

3.Teori Perkembangan Sosial dan Kognitif oleh Lev Vygotsky dan Jean Piaget

Lev Vygotsky dan Jean Piaget adalah dua tokoh besar dalam psikologi perkembangan yang mengemukakan teori-teori penting tentang bagaimana anak berkembang dalam aspek sosial dan kognitif. Meskipun keduanya berfokus pada perkembangan anak, mereka memiliki pandangan yang berbeda mengenai cara anak belajar dan berinteraksi dengan dunia di sekitarnya.

1. Teori Perkembangan Kognitif Piaget

Jean Piaget mengembangkan teori perkembangan kognitif yang berfokus pada cara anak-anak berpikir dan memahami dunia. Menurut Piaget, perkembangan kognitif anak berlangsung dalam empat tahap yang universal dan berurutan:

Tahap Sensorimotor (0-2 tahun): Pada tahap ini, bayi mengembangkan pemahaman tentang dunia melalui indera dan aksi fisik. Mereka mulai memahami objek tetap (object permanence) --- bahwa objek tetap ada meskipun tidak terlihat.

Tahap Praoperasional (2-7 tahun): Anak-anak mulai mengembangkan kemampuan berbahasa dan berpikir simbolik, meskipun mereka masih cenderung egosentris, yaitu sulit untuk memahami perspektif orang lain.

Tahap Operasional Konkret (7-11 tahun): Anak-anak mulai dapat berpikir logis mengenai objek dan peristiwa yang konkret. Mereka memahami konsep konservasi (jumlah objek tetap meskipun bentuknya berubah).

Tahap Operasional Formal (12 tahun ke atas): Pada tahap ini, anak mulai mampu berpikir secara abstrak dan menggunakan logika untuk memecahkan masalah yang kompleks.

Piaget percaya bahwa perkembangan kognitif terjadi melalui interaksi anak dengan lingkungannya, yang membentuk struktur berpikir mereka. Anak belajar melalui dua proses utama: asimilasi (mengintegrasikan pengalaman baru ke dalam struktur yang sudah ada) dan akomodasi (mengubah struktur kognitif untuk menyesuaikan dengan pengalaman baru).

2. Teori Perkembangan Sosial Vygotsky

Lev Vygotsky, di sisi lain, menekankan pentingnya interaksi sosial dalam perkembangan kognitif anak. Ia mengembangkan teori yang dikenal sebagai Teori Sosial-Kultural, yang berpendapat bahwa pembelajaran anak sangat bergantung pada interaksi dengan orang dewasa dan teman sebaya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun