Mohon tunggu...
nurhidayati
nurhidayati Mohon Tunggu... Guru - Love to reading, writing, eating nice foods, watching netflix movies, enjoying every second I have at my life

Teacher and Author Alumni STKIP SILIWANGI BANDUNG 12220300 Works at SMP PGRI CIPANAS from 2017 until now Works at SMP I AL FAJAR from 2020 until now Five Minutes Left "Snacbook" Bentang Pustaka (2017) Share your experience with me Facebook : Hilda Chamberlain Instagram : nurhidayati_hilda Wattpad : Hilda32

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Metode Presentation, Practice and Production yang Sangat Erat dengan Kehidupan Guru

8 Juli 2023   07:00 Diperbarui: 8 Juli 2023   07:10 388
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Di kutip dari ulasan mengenai perbedaan metode dan pendekatan disebutkan pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (1980) definis metode adalah arti "cara yang teratur dan terpikir baik-baik untuk mencapai maksud (dalam ilmu pengetahuan), cara kerja konsisten untuk memudahkan terlaksananya suatu kegiatan guna mencapai tujuan yang dicapai." Hal ini sejalan dengan pengertian yang dikemukakan oleh  T. Raka Joni (1993) mendefinisikan metode sebagai cara kerja yang bersifat general atau umum yang sesuai untuk mencapai tujuan tertentu". Oleh karena itu, metode dapat disimpulkan sebagai sebuah cara/jalan menyajikan/melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan tertentu.

Metode pembelajaran juga dapat membantu guru untuk meningkatkan pemahaman siswa menjadi lebih efektif dan efisien sehingga banyak sekali metode yang guru lakukan guna mendapatkan metode terbaik dalam kegiatan pembelajaran nantinya. Namun ada satu metode yang menarik yang perlu saya bahasa disini yaitu PPP atau yang lebih dikenal sebagai Presentation, Practice and Production.

Presentation -- Practice -- Production, or PPP, is a method for teaching structures for example grammar or vocabulary in a foreign language. Presentation, Practice and Production has three phases,  the first is presentation, which focuses on moving from tight teacher control towards greater students freedom. Note that some researcher use the name to refer to a specific method that focuses on oral skills, but it can also be applied more to all students in the class.

According to (Richards, 2006) those are PPP cycles: 

Presentation, Practice, Production

Presentation: Where the teacher can deliver the new grammar structure is presented, often by means of a conversation or short text. In this case the teacher must explains the new structure from the matery and checks student's understanding of it.

Practice: In this section, students can practice using the new structure in a controlled context, through drills or substitution exercises.

Production: In the last section, students practice what they have learnt in the previous lesson, students apply the new structure in different contexts, often using their own content or information, this is useful for student to develop fluency with the new pattern.

Penjelasan diatas menjelaskan bahwa metode PPP adalah metode yang biasa digunakan untuk menjelaskan materi yang kaitannya erat dengan struktur, unsur kebahasaan dan kosa kata namun pada penerapannya metode ini bisa diterapkan untuk materi apapun yang memang bertujuan untuk mendukung ketiga fase tercapai mulai dari presentasi, praktik dan produk.

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun