Mohon tunggu...
nurhidayati
nurhidayati Mohon Tunggu... Guru - Love to reading, writing, eating nice foods, watching netflix movies, enjoying every second I have at my life

Teacher and Author Alumni STKIP SILIWANGI BANDUNG 12220300 Works at SMP PGRI CIPANAS from 2017 until now Works at SMP I AL FAJAR from 2020 until now Five Minutes Left "Snacbook" Bentang Pustaka (2017) Share your experience with me Facebook : Hilda Chamberlain Instagram : nurhidayati_hilda Wattpad : Hilda32

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Trend A Day in My Life Sebagai Media Bagi Siswa untuk Meningkatkan Kemampuan Speaking Siswa Belajar

28 Juni 2023   07:03 Diperbarui: 28 Juni 2023   10:30 440
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 

Dunia Pendidikan saat ini sudah berbeda dengan zaman dahulu. Semua berkembang pesat demi mengikuti perkembangan teknologi yang lebih dahulu maju. Dalam hal ini guru diminta untuk menjadi insan kreatif dan inovatif sehingga pembelajaran berbasis digital terlaksana. 

Selama lima tahun mengajar saya baru dua tahun belakangan aktif menggunakan media pembelajaran daring, mulai dari Google Meet, Ruang Kelas, YouTube namun ternyata setelah memahami beberapa hal ada begitu banyak aplikasi yang dapat membantu pemahaman siswa utamanya dalam mata pelajaran Bahasa Inggris.

Dalih yang sering dikatakan siswa adalah ponsel yang mereka gunakan tidak sesuai atau mereka tidak paham cara mengaplikasikan aplikasi tersebut. Hal ini yang membuat saya tertarik untuk mendalami minat siswa dan menggabungkannya dengan materi Present Tense yang diajarkan di Bab pertama kelas VIII semester 2 Tahun Ajaran 2022/2023.

Di awal pertemuan saya mencoba untuk melihat perbedaan ketika siswa belajar seperti biasa dengan menggunakan text book dan pertemua selanjutnya saya memberikan materi dengan menggunakan video pembelajaran yang diunduh dari YouTube lalu menyisipkan penjelasan tentang Simple Present Tense kepada siswa kemudian bersama dengan siswa membuat kesimpulan tentang materi yang sudah dibahas. Hanya saja memahami saja tidak cukup, banyak dari siswa merasa kurang percaya diri dan kesulitan ketika diminta praktik berbicara bersama teman di depan kelas. 

Menurut saya hal ini cukup krusial dan perlu diperbaiki. Setelah melihat perkembangan siswa dan bertanya pada perwakilan tiap kelas ternyata siswa lebih menyenangi pembelajaran berbasis digital yang saya adakan di Lab. Komputer.

Menjamurnya trend tik tok dan Instagram yang sering dilakukan oleh siswa membuat saya tersinspirasi untuk mengikuti trend tersebut namun dengan menyelipkan materi Tenses yang cukup sulit dipahami oleh siswa. Mengingat pembahasan mengenai Simple Present sudah dilakukan secara runtut mulai dari penyampaian materi dan Latihan soal. Tiba waktunya untuk memberikan tugas yang harus dikerjakan siswa. 

Akhirnya saya memberikan instruksi kepada siswa untuk membuat Video A Day In My Life dengan menggunakan Simple Present Tense dalam proses penyampaian kegiatan sehari-hari yang dilakukan siswa. 

Mulanya banyak yang ragu dan kurang percaya diri namun setelah saya tekankan Kembali dan berikan pengertian mengenai pentingnya pengerjaan tugas dan sejauh mana saya bisa menilai kemampuan siswa saya dalam praktik berbicara akhirnya siswa saya mulai mengerjakan tugas membuat video A Day In My Life English Version Use Simple Present.

Tugas Pembuatan Video dilaksanakan dalam kurun waktu dua minggu, guru memberikan arahan dan bimbingan serta motivasi agar siswa mengerjakan tugas dengan aplikasi yang sering mereka gunakan diantaranya; Cap Cut, Pics Art, Canva dan Align Motion.

Rincian Tugas Siswa dalam Membuat Video A Day In My Life English Version Use Simple Present:

  • Menulis kegiatan apa saja yang biasa mereka lalukan setiap harinya
  • Menterjemahkan kalimat tersebut ke dalam bahasa Inggris
  • Menyusun kegiatan mana yang akan di set pertama
  • Merekam kegiatan sehari-hari siswa dengan menggunakan ponsel masing-masing
  • Merekam suara siswa disesuaikan dengan kegiatan sehari-hari yang dilakukan
  • Menggabungkan video-video yang sudah diambil
  • Mengedit video dengan nama kegiatan sesuai yang terjadi lengkap dengan waktu
  • Editan Video kreatif dan inovatif
  • Hasil video dikirim ke What's Up guru
  • Guru menampilkan video hasil karya siswa
  • Guru memberikan penilaian dan feedback
  • Membuat kesimpulan terkait materi dan hasil video siswa

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun