Pendidikan khusus merupakan bagian integral dari sistem pendidikan nasional yang bertujuan untuk memberikan layanan pendidikan bagi peserta didik yang memiliki kebutuhan khusus. Peserta didik dengan kebutuhan khusus adalah mereka yang memiliki kelainan fisik, emosional, mental, sosial, atau memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa yang membutuhkan bantuan khusus dalam proses pembelajaran.
Setiap anak memiliki potensi dan cara belajar yang unik. Pendidikan khusus mengakui keberagaman ini dan memberikan kesempatan bagi setiap anak untuk berkembang secara optimal. Dengan dukungan yang tepat, anak dengan kebutuhan khusus dapat mencapai prestasi akademik yang baik, mengembangkan keterampilan sosial yang kuat, dan hidup mandiri.
Tujuan Pendidikan Khusus
Tujuan utama pendidikan khusus adalah untuk:
 * Memenuhi kebutuhan individual: Setiap anak dengan kebutuhan khusus memiliki kebutuhan yang unik. Pendidikan khusus bertujuan untuk memenuhi kebutuhan individu tersebut melalui program pembelajaran yang disesuaikan.
 * Mengembangkan potensi: Pendidikan khusus membantu anak-anak dengan kebutuhan khusus untuk mengembangkan potensi mereka secara maksimal, baik dalam bidang akademik maupun non-akademik.
 * Meningkatkan kualitas hidup: Pendidikan khusus bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup anak-anak dengan kebutuhan khusus, sehingga mereka dapat berpartisipasi secara penuh dalam masyarakat.
 * Mempromosikan inklusi: Pendidikan khusus mendorong inklusi, yaitu menempatkan anak-anak dengan kebutuhan khusus dalam lingkungan belajar yang sama dengan anak-anak pada umumnya.
Tantangan dalam Pendidikan Khusus
Meskipun penting, pendidikan khusus masih menghadapi berbagai tantangan, antara lain: