Anjelly Agustia, Atsnaini Zahro Nainggolan, Frans Wendy Nainggolan, Nur Hazimah Nasution
Universitas Negeri Medan
ABSTRAK
Media pembelajaran adalah salah satu metode yang efektif untuk memperkenalkan konsep dan keterampilan baru pada anak usia dini. Dalam pengembangan media pembelajaran pengenalan bahasa pemrograman pada anak usia dini, dibutuhkan kolaborasi antara ahli pendidikan dan ahli teknologi. Pendidik dapat memberikan panduan mengenai konten pembelajaran dan metode pengajaran yang tepat untuk anak-anak, sedangkan ahli teknologi dapat menyediakan platform dan aplikasi yang efektif untuk mendukung pembelajaran.
Dengan memperkenalkan bahasa pemrograman pada anak usia dini melalui media pembelajaran yang efektif, diharapkan anak-anak dapat memahami konsep-konsep dasar pemrograman dan mempersiapkan diri untuk masa depan yang semakin tergantung pada teknologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemanfaatan teknologi bagi anak usia dini baik dalam lingkungan keluarga maupun dalam lingkungan sekolah.
Dikarenakan teknologi tidak terlepas dari kehidupan anak di era yang semakin canggih ini. Keberadaan teknologi tidak dapat dipungkiri dan bagaimanapun anak tidak dapat di cegah ataupun dilarang menggunakannya, namun kontrol dan pendampingan yang tepat dapat menjadi solusi yang tepat bagi anak. oleh karena itu, penelitian ini menjawab permasalahan yang sering dihadapi oleh orangtua dan guru. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik observasi dan wawancara dalam proses pengumpulan data, serta menggunakan metode studi literatur dari berbagai sumber jurnal, buku, dan hasil penelitian yang mendukung.
Kata Kunci: Pendidikan Anak Usia Dini, Pembelajaran, Teknologi, Komputasional.
ABSTRACT
Media learning is an effective method for introducing new concepts and skills to early childhood. In developing learning media for the introduction of programming languages in early childhood, collaboration between education experts and technology experts is needed. Educators can provide guidance regarding appropriate learning content and teaching methods for children, while technologists can provide effective platforms and applications to support learning.
By introducing programming languages to early childhood through effective learning media, it is hoped that children can understand basic programming concepts and prepare themselves for a future that is increasingly dependent on technology. The purpose of this research is to describe the use of technology for early childhood both in the family environment and in the school environment.
Because technology is inseparable from the lives of children in this increasingly sophisticated era. The existence of technology cannot prohibit and however children cannot be prevented or prohibited from using it, but proper control and assistance can be the right solution for children. Therefore, this research answers the problems that are often faced by parents and teachers. This study uses qualitative research with observation and interview techniques in the data collection process, and uses literature study methods from various sources of journals, books, and supporting research results.