Mohon tunggu...
Bunda Nurhayati
Bunda Nurhayati Mohon Tunggu... Administrasi - Pengajar, Penulis, Pengarang, Motivator

Pengajar, Pengarang, Penulis, dan Motivator

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Pagi yang Inspiratif

1 Agustus 2024   11:46 Diperbarui: 1 Agustus 2024   11:50 6
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik


Hari ini, suasana belajar di kelas saya sangat luar biasa. Diawali dengan tadarus Al-Quran, disusul
resume terjemahan ayat 41-60 Surat At-Taubah. Cikgu berharap aura literasi dapat memancar dari kelas ini.

Materi pelajaran kali ini adalah jenis-jenis matriks. Alih-alih memulai dengan penjelasan langsung, Cikgu memilih pendekatan asesmen diagnostik. "Apa pengertian, notasi, dan ordo matriks?" tanya Cikgu kepada para murid. Alhamdulillah, mayoritas sudah memahami materi sebelumnya dengan baik.

Kemudian, Cikgu memberikan soal menarik: "Tuliskan matriks yang memiliki baris sebanyak saudara ayah Anda, kolomnya sebanyak saudara ibu Anda, dan nama matriks adalah huruf awal nama Anda." Satu per satu murid menunjukkan hasil kerja mereka. Beberapa sudah bagus, sementara yang lain masih perlu perbaikan. Kesalahan paling umum adalah kebingungan antara baris dan kolom.

Setelah melakukan perbaikan, Cikgu melanjutkan dengan perintah berikut: "Tentukan jenis matriks yang telah kalian buat tadi." Para murid diarahkan untuk mencari materi tentang jenis-jenis matriks. Akhirnya, terkonfirmasi bahwa matriks yang dibuat para murid hanya terdiri dari tiga jenis: matriks persegi, matriks vertikal/tegak, dan matriks horizontal/datar.

Cikgu kemudian memberikan tantangan berikutnya: "Anak-anak, silakan cari sebanyak-banyaknya jenis matriks, beserta pengertian dan contohnya. Tuliskan di chat grup jumlah jenis matriks yang kalian temukan." Chat grup pun ramai dengan angka-angka: 5, 8, 9, 10, 12, 13, 14, dan seterusnya. Cikgu memilih yang terbanyak untuk presentasi di depan kelas. Selanjutnya, diskusi dan konfirmasi dilakukan hingga diperoleh satu kesimpulan.

Tugas terakhir adalah membuat soal dan jawaban dari matriks yang telah dibuat tadi dalam satu slide atau poster, lengkap dengan biodata, foto, dan motto. Hasilnya kemudian dikirim ke grup kelas.

Semangat belajar yang tinggi dari para murid membuat pembelajaran hari ini sangat berkesan. Aura literasi dan antusiasme mereka benar-benar menyemangati Cikgu dan seluruh kelas.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun