Mohon tunggu...
Nur Haswindar
Nur Haswindar Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi sy volly, kepribadian sy baik,konten yang sy suka yaitu konten yang mendedikasi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Dasar-dasar Pemasaran

22 Maret 2024   10:28 Diperbarui: 22 Maret 2024   10:37 77
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

1.*Pentingnya pemasaran*

Pemasaran sangat penting untuk memberikan semacam layanan penjualan yang dibutuhkan. Pemasaran tentunya sangat membantu pelanggan untuk membeli produk pemasaran, biasanya akan memberikan pemahaman kepada konsumen kegunaan produk.

Pemasaran dalam aspek pasar sangat penting dalam studi kelayakan bisnis, karena nantinya dapat membantu sebuah bisnis untuk menentukan arah dan tujuan serta sasaran pemasaran dari produk yang akan ditawarkan.

2. *Ruang lingkup pemasaran*

Ruang lingkup pemasaran adalah individu atau kelompok yang terlibat dalam kegiatan pemasaran, yaitu mencari informasi, menganalisis, merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi secara terus menerus.

3. *konsep-konsep dasar dalam pemasaran*

Dalam pemasaran kita harus memerhatikan konsep-konsep yang paling dasar dalam pemasaran, yaitu:

* Penentuan produk

     Dalam penentuan produk untuk perencanaan pemasaran, kita harus mengerti produk apakah, bagaimanakah yang harus kita hasilkan. Berdasarkan segmentasi pasar yang kita punya kita harus bisa menentukan apakah, bagaimanakah produk yang akan kita hasilkan, bagaimana bentuknya, bagaimana kemasan nya, desain kemasan nya serta melakukan split testing atau pengujian terpisah untuk menentukan produk seperti apa yang sebenarnya diinginkan pasar.

* Penentuan Harga

     Manajemen pemasaran dalam penentuan harga mewajibkan kita untuk bisa menentukan harga baik secara perhitungan matang untuk produksi barang dan penyesuaian harga nya dengan pesaing bagaimana produk kita dengan kualitas yang lebih baik mampu memiliki harga yang kompetitif. Selain itu manajemen penentuan harga juga perlu memperhatikan 3 lingkungan rantai suplai yaitu produsen, agen atau reseller hingga ke konsumen.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun