Mohon tunggu...
nurhalizah maharaja
nurhalizah maharaja Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Prodi Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Teori Perkembangan Bahasa Menurut Noam Chomsky

5 Juni 2024   22:41 Diperbarui: 5 Juni 2024   22:59 260
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Bahasa adalah alat komunikasi yang digunakan manusia pada dirinya mau pun kepada orang lain dalam sehari-harinya .bahasa sangat terikat pada diri kita karna sebagai besar aktivitas yang kita lakukan akan menggunakan bahasa seperti memberikan ide, pikiran, perasaan, dan informasi yang kita dapat dan informasi yang akan kita sampaikan.

Menurut Chomsky bahasa yang digunakan dalam berkomunikasi itu semua sama karena dasarnya universal, Chomsky mengatakan proses generatif memiliki fungsi sebagai pembuat kalimat baru. Bahasa universal memiliki arti kepekaan otak terhadap ciri-ciri yang dasar yang berlaku umum untuk segala macam bahasa, seperti kata kerja, benda, objek, dan kalimat negatif. Ciri umum dapat ditemukan dalam bahasa lain seperti bahasa Inggris, Okinawa ,mohawk,dan Bulgaria.

A. Bukti Mendukung Chomsky
      Ada beberapa bukti yang mendukung anggapan dari Chomsky menurut beberapa ahli bahasa yaitu diantaranya.
a. Anak-anak dari berbagai budaya mengalami tahap perkembangan bahasa serupa
b. Anak-anak menggunakan kata-kata dalam susunan yang tak akan digunakan orang dewasa
c. Orang tua tidak secara konsisten memperbaiki kekeliruan tata bahasa anak, meskipun demikian anak-anak tetap belajar bicara dan memberi isyarat dengan benar.
d. Anak - anak yang tidak mengetahui bahasa orang tua, akan membuat bahasa mereka sendiri
e. Dengan mendengarkan bunyi anak  yang berusia 7 bulan dapat mengumpulkan bahasa yang sederhana

B.  Faktor yang mempengaruhi perkembangan bahasa anak
    Dalam perkembangan bahasa dapat dibedakan menjadi dua tipe yaitu
1. Egocentric Speech, yaitu anak berbicara kepada dirinya sendiri (monolog).
   Memiliki fungsi untuk mengembangkan pemahaman dalam berpikir anak yang pada umumnya dilakukan anak pada usia 2 - 3 tahun.
2. Socialized Speech, yaitu ketika anak langsung berkomunikasi dengan teman nya dan lingkungannya secara langsung.

Ada faktor yang mempengaruhi perkembangan bahasa pada anak yaitu antara lain:
a. Faktor kesehatan, apa bila kesehatan pada anak terganggu maka akan memperlambat perkembangan bahasa nya.
b. Intelegensi, anak yang lemah dalam mental nya akan susah dalam berbahasa.
c. Status sosial ekonomi keluarga, dalam beberapa penelitian anak yang berasal dari keluarga miskin akan mengalami keterlambatan dalam berbahasa karena kesempatan belajar yang kurang.
d. Jenis kelamin, anak perempuan akan lebih cepat dalam perkembangan bahasa di bandingkan dengan anak laki-laki.
e. Hubungan keluarga, anak yang memiliki hubungan keluarga yang sehat akan mendapatkan perkembangan bahasa nya dan begitu pun sebaliknya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun