Teori Belajar Sosial Albert Bandura
Albert Bandura, seorang psikolog Kanada-Amerika, mengembangkan teori belajar sosial yang menekankan bahwa pembelajaran terjadi melalui pengamatan, peniruan, dan interaksi sosial. Teori ini memperluas pendekatan tradisional tentang pembelajaran, yang sebelumnya lebih menekankan pada pengalaman langsung melalui penguatan atau hukuman, seperti dalam teori behaviorisme. Bandura menekankan bahwa manusia belajar tidak hanya dari pengalaman langsung, tetapi juga melalui observasi terhadap perilaku orang lain.
---
Prinsip Utama Teori Belajar Sosial
1. Pembelajaran Observasional (Observational Learning):
Manusia dapat belajar dengan mengamati perilaku orang lain, tanpa harus mengalaminya langsung.
Model, atau orang yang diamati, memainkan peran penting dalam pembelajaran ini.
2. Pemodelan (Modeling):
Pemodelan adalah proses meniru perilaku yang diamati.
Pemodelan efektif jika model yang diamati menarik, dihormati, atau memiliki status tinggi.
3. Proses Mental dalam Pembelajaran: