Mohon tunggu...
Nur Hafidzah
Nur Hafidzah Mohon Tunggu... Mahasiswa - UIN MALANG

Student at Islamic State University of Malang

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

MPI UIN Malang Gelar Kuliah Tamu untuk Pembekalan Magang MBKM

8 Maret 2023   23:08 Diperbarui: 8 Maret 2023   23:13 96
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Prodi UIN Malang mengadakan kuliah tamu dengan tema manajemen humas dan komunikasi digital. Acara ini dilaksanakan di Aula Lt. 4 Fakultas Sains dan Teknologi UIN Malang yang dihadiri oleh seluruh mahasiswa MPI angkatan 2020, Rabu (8/3/2023) mulai pukul 08.00 hingga 12.00 waktu setempat.

Acara yang dinarasumberi oleh Dr. Atika Candra Larasati, M. Si sebagai creative director Hasta Group dan Altha Natrizia Rachmayanti Putri, S.E sebagai humas UIN Malang. Kegiatan pembekalan ini mengusung tema manajemen humas dan komunikasi digital. Kuliah tamu kali ini dipandu oleh Devi Pramitha, M.Pd.I dan Faridatun Nikmah, M.Pd yang merupakan dosen pengampu program studi Manajemen Pendidikan Islam UIN Malang.

Sejumlah mahasiswa dengan antusias mengikuti kuliah tamu dengan dua materi. Materi yang pertama di sampaikan oleh ibu Atika Candra Larasati dengan menyampaikan topik yang berjudul "Menjadi Humas dan Content Creator yang Baik". 

Pada sesi pemberian materi terdapat banyak penjelasan penjelasan, tujuan dari humas sendiri, serta bagaimana membuat konten yang berkualitas dan agar menarik banyak pengunjung. Hal pertama dilakukan oeh seorang  konten kreator yaitu dengan membuat ide, kualitas gambar atau video, terdapat teks, dubbing, bagaimana menggunakan kamera, dan body language atau ekspresi.

"Harus percaya diri, konsisten, dan harus memiliki satu keunikan sendiri apa yang kalian sampaikan dalam konten tersebut terhadap masyarakat. Sehingga penting banget membangun personal branding, dan pentingnya juga memiliki ide-ide baru," tegasnya.

Selanjutnya, pada sesi kedua dilanjutkan dengan pemberian materi yang kedua bertema komunikasi digital dalam kantor. Dimana fokus utama kegiatan kantor yang dibutuhkan adalah soft skill dengan berkomitmen dalam upgrade skill digital, story telling, empati, dan keingintahuan. Selanjutnya hal utama yang perlu dilakukan adalah dengan pemasaran konten, beriklan secara digital serta pentingnya penggunaan media sosial.

"pentingnya untuk menerapkan 3S (senyum, sapa dan salam) pada orang sekitar," ujarnya. Karena dengan 3S itu merupakan bentuk dalam pengambilan empati terhadap masyarakat sekitar.

Dokpri
Dokpri
Selanjutnya sesi terakhir kuliah tamu ini dengan penyerahan sertifikat pemateri serta mengabadikan foto dan video bersama di tempat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun