Reportase adalah pelaporan atau pengumpulan data untuk menyusun berita. Disini saya memilih PAUD As-sakinah (Islamic school) yang berada di jl.satria no.06 RT.09 RW.02 Ketegan. Taman, Sidoarjo sebagai subyek reportase untuk mengetahui model pembelajaran, teknik penilaian dan evaluasi pembelajaran yang digunakan.
Model pembelajaran adalah kerangka konseptual yang digunakan sebagai pedoman dalam melakukan pembelajaran yang disusun secara sistematis untuk mencapai tujuan belajar yang menyangkut sintaksis, sistem sosial, prinsip reaksi dan sistem pendukung (Joice&Wells). Adapun komponen model pembelajaran meliputi: konsep, tujuan pembelajaran, materi/tema, langkah-langkah/prosedur, metode, alat/sumber belajar, dan teknik evaluasi.
Ada beberapa model pembelajaran yang dilaksanakan di Taman Kanak-Kanak, diantaranya adalah Model Pembelajaran Klasikal, Model Pembelajaran Kelompok dengan Kegiatan Pengaman, Model Pembelajaran Berdasarkan Sudut-Sudut Kegiatan, Model Pembelajaran Area, dan Model Pembelajaran Berdasarkan Sentra. Model-model pembelajaran tersebut pada umumnya menggunakan langkah-langkah yang relatif sama dalam sehari, yaitu kegiatan pendahuluan/awal, kegiatan inti, istirahat/makan, dan kegiatan akhir/penutup.
PAUD As-sakinah menggunakan metode pembelajaran sentra karena dengan metode sentra ini akan memberikan kesempatan anak untuk bermain bereksperimen dengan bahan dan alat seni. Dari situ diharapkan anak dapat mewakilkan pikiran dan idenya sehingga kreatifitas serta kemampuan motorik halusnya akan terlatih.
Tentunya untuk membantu perkembangan anak, PAUD As-sakinah menyediakan beberapa sentra yaitu sentra persiapan, sentra seni dan kreativitas, sentra bahan alam, sentra sosiodrama, sentra konstruksi, dan sentra olah tubuh.
Adapun Teknik penilaiannya yaitu dengan menggunakan catatan anekdot, hasil karya, dan ceklist atau rating scale. Dengan beberapa Teknik penilaian tersebut, guru kelas yang saya wawancarai yaitu ustadzah Putri Mauidhatul K. S.Pd tidak merasa kesulitan dalam Teknik penilaian yang digunakan.
Teknik penilaian ini dilakukan karena dapat dijadikan dasar untuk memotivasi, mengembangkan, dan membina anak agar tumbuh dan berkembang secara optimal. Penilaian dilakukan secara terencana, bertahap, dan terus-menerus untuk mendapatkan gambaran tentang pertumbuhan dan perkembangan anak.
Evaluasi pembelajaran sangat penting dilakukan untuk mengetahui efektif atau tidaknya suatu sistem pembelajaran yang diterapkan. Karena bila seorang pendidik tidak melakukan evaluasi, sama saja tenaga pendidik tersebut tidak ada perkembangan dalam merancang sistem pembelajaran.
PAUD As-sakinah menggunakan beberapa evaluasi pembelajaran yaitu :
- Observasi, Observasi dilakukan pendidik disetiap kegiatan belajar mengajar Bersama anak didik.
- Penugasan, Penugasan biasa dilakukan pendidik dalam kegiatan inti pembelajaran.
- Pemeriksaan medis, Pemeriksaan medis biasa dilaksanakan dengan bantuan tim kesehatan posyandu ketegan
Adapun beberapa evaluasi yang tidak digunakan di PAUD As-sakinah ketegan. Yaitu :
- Kunjungan rumah, karena keterbatasan waktu, maka pendidik di PAUD As-sakinah tidak melakukan kunjungan rumah dalam evaluasi pembelajaran.
Dari beberapa jawaban yang saya dapatkan dari sumber (ustadzah Putri Mauidhatul K. S.Pd) dapat disimpulkan bahwa PAUD As-sakinah merupakan salah satu Lembaga Pendidikan yang cukup maju dengan adanya ketersediaan media dalam pembelajaran sentra.