Mohon tunggu...
Nurfitria
Nurfitria Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Unesa

Saya mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di Unesa

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Komunikasi Organisasi VS Komunikasi Antarpribadi

5 Januari 2025   14:10 Diperbarui: 6 Januari 2025   19:30 57
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Komunikasi adalah tindakan manusia atau aktivitas manusia untuk menyampaikan sesuatu. Tentunya dalam kehidupan sehari-hari kita selalu berkomunikasi dengan orang-orang di sekitar kita. Entah itu komunikasi yang biasa kita lakukan secara langsung maupun komunikasi melalui media digital seperti aplikasi whatsapp. Ternyata dalam komunikasi itu ada banyak jenisnya, pada kesempatan kali ini kita akan membahas terkait komunikasi organisasi dan komunikasi antar pribadi.

Komunikasi dalam organisasi sangat penting untuk mendukung visi misi didalam nya. Komunikasi selalu diperlukan dalam semua hal, mulai dari seleksi, wawancara, sampai ke pemutusan hubungan kerja. Komunikasi sangat penting dalam organisasi, jadi kita harus tahu tentang komunikasi organisasi yang baik. Maka dari itu ada beberapa pengertian terkait komunikasi organisasi oleh para ahli antara lain yaitu:

a. Menurut Redding and Saborn (1978) (Dalam Muhammad, 2014:90) (Dalam Safari, et al., 2019) Komunikasi organisasi adalah pengiriman dan penerimaan informasi dalam suatu organisasi yang beragam. Komunikasi organisasi adalah terkait hubungan antar manusia, komunikasi dari atasan kepada bawahan, komunikasi dari bawahan kepada atasan, komunikasi dengan rekan kerja, keterampilan berkomunikasi, mendengarkan, menulis, dan berbicara.

b. Menurut Thayer (1986) (Dalam Safari et al., 2019) komunikasi organisasi sebagai arus data komunikasi yang akan terjadi organisasi dan prosesnys terjadi untuk kerja di dalam organisasi, pengaturan di dalam organisasi, pemeliharaan organisasi, dan perkembangan organisasi.

Berdasarkan pendapat para ahli di atas dapat disimpulkan bahwa komunikasi organisasi adalah proses penting yang melibatkan pengiriman dan penerimaan informasi dalam suatu organisasi untuk mencapai tujuan bersama. Komunikasi organisasi sendiri mencakup beberapa aspek seperti hubungan antar individu, komunikasi antara atasan dan bawahan, dan keterampilan komunikasi. Selain itu, komunikasi organisasi berfungsi untuk mendukung pelaksanaan kerja, pengaturan struktur organisasi, pemeliharaan, dan pengembangan organisasi.

Kemudian ada yang namanya komunikasi antarpribadi, komunikasi ini juga sangat penting karena komunikasi ini lah yang sering kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut beberapa ahli mengartikan istilah komunikasi antarpribadi menurut cara pandangannya masing-masing yakni:

a. Menurut Gerald Miller, et.al, Dalam komunikasi antarpribadi berdasarkan atas karakteristik masing-masing individu yang unik dan memberikan reaksi yang sesuai dengan karakter mereka. Sedangkan komunikasi bukan antarpribadi bersifat kultural atau kelompok

b. Menurut John Steward dan Gary D’Angelo, Komunikasi antarpribadi terletak pada kualitas komunikasi yang terjalin antar individu. Kehadiran satu sama lain dalam hubungan yang menunjukkan individu yang memiliki keunikan, perasaan, manfaat, pilihan, dan merefleksi dirinya sendiri sebagai objek ataupun benda. Dalam sebuah komunikasi setiap orang dapat memilih peran sebagai komunikator maupun komunikan. Susunan komunikasi seperti itu terdiri dari dua jenis, yaitu komunikasi antarpribadi dan komunikasi intrapribadi.

Berdasarkan pendapat para ahli di atas dapat disimpulkan bahwa komunikasi antarpribadi menekankan pada kualitas hubungan antar individu yang unik dan reflektif.

Setelah kita mengetahui pengertian dari komunikasi organisasi dan komunikasi antarpribadi kini kita akan masuk ke topik utama yakni hubungan dan perbedaan antara komunikasi organisasi dan komunikasi antarpribadi. Komunikasi organisasi dan komunikasi antarpribadi saling berhubungan erat. Apabila terjadi peningkatan komunikasi antarpribadi dalam komunikasi organisasi akan memberikan dampak positif pada komitmen individu di dalamnya terhadap organisasi. Dengan memiliki komunikasi antarpribadi yang baik juga berdampak pada komunikasi organisasi yang baik sehingga segala tugas yang ada di dalamnya dapat terselesaikan dengan baik pula.

Komunikasi antarpribadi sangat dibutuhkan dalam komunikasi organisasi karena, komunikasi antarpribadi sendiri adalah fondasi untuk terciptanya hubungan yang harmonis antar anggota organisasi, dengan adanya hubungan yang harmonis menunjukkan bahwa komunikasi antarpribadi yang terjalin di dalamnya bekerja dengan baik. Komunikasi antarpribadi yang baik sangat mendukung keefektifan dalam proses dan hasil kerja di dalam organisasi selain itu ada beberapa hal yang membuat komunikasi antarpribadi ini berhubungan dengan komunikasi organisasi:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun