Mohon tunggu...
Nurfarida Fikrotushohihah
Nurfarida Fikrotushohihah Mohon Tunggu... Guru - Guru Matematika

Seorang guru matematika yang memiliki ketertarikan dengan bisnis, kuliner, travelling, financial planning.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pembelajaran Seru Dengan Platform Gamifikasi Pembelajaran

4 Januari 2025   21:18 Diperbarui: 4 Januari 2025   21:18 89
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Halo Bapak/Ibu Guru hebat!


Assalamu'alaikum Waramatullahi Wabarakatuh...


Semoga kita selalu sehat dan semangat dalam mengajar generasi penerus yang semakin penuh dengan tantangan. Apalagi di era digital seperti sekarang ini, guru dituntut untuk mumpuni menggunakan aplikasi pembelajaran dan juga gamifikasi pembelajaran agar guru tidak monoton dalam menerapkan pembelajaran di dalam kelas. Kelas juga menjadi hidup dan suasana pembelajaran pun akan seru dengan adanya aplikasi dan gamifikasi pembelajaran ini.
Dalam artikel ini saya akan sedikit membahas terkait gamifikasi pembelajaran khususnya platform pembelajaran bebasis permainan. Semoga tulisan ini bisa menginspirasi Bapak/Ibu Guru hebat.
Gamifikasi pembelajaran adalah pendekatan adalah pendekatan pembelajaran yang menggunakan elemen-elemen permainan untuk meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan partisipasi siswa. Gamifikasi dapat membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan interaktif, sehingga siswa tidak bosan.
Beberapa contoh elemen gamifikasi yang dapat digunakan dalam pembelajaran antara lain: Poin, Lencana, Level, Papan Peringkat, Avatar.
Gamifikasi dapat diterapkan dalam berbagai bentuk, seperti: Permainan edukatif, Platform pembelajaran berbasis permainan, Unsur-unsur permainan yang disisipkan ke dalam lingkungan pembelajaran tradisional.


Beberapa platform pembelajaran gamifikasi yang dapat digunakan, diantaranya:


1.Kahoot
Kahoot merupakan salah satu aplikasi berbasis online yang laris pada masa pandemic. Sebelum pandemic aplikasi ini sudah cukup sering digunakan sebagai media pembelajaran interaktif dalam tatap muka. Berbasis kuis dan permainan merupakan ciri dari aplikasi kahoot.
Pemanfaatan Kahoot dalam pembelajaran dapat digunakan dalam tes awal (pre-test), tes akhir (post-test), memberikan latihan soal, penguatan materi dengan memberikan soal, soal remedial, soal pengayaan dan sebagainya.
Selain itu, dengan kahoot dapat juga digunakan untuk membuat kuis saat akan jeda pembelajaran atau pergantian mata pelajaran. Aplikasi inipun dapat digunakan untuk melakukan survei.  Anda dapat membuat kuis, diskusi ataupun survey, yang dapat diakses oleh siswa dalam berbagai perangkat. Kuis, materi soal, survey dapat diakses oleh siswa dari perangkat telepon genggam, laptop, ataupun personal computer
Aplikasi kahoot akan memberikan kemudahan bagi guru dalam melaksanakan penilaian, termasuk untuk mengetahui hasil belajar siswa.

2.Quizizz
Aplikasi Quizizz adalah aplikasi yang dapat digunakan dalam pembelajaran.  Quizizz dapat digunakan membuat pertanyaan pilihan ganda dengan 4 (empat) pilihan jawaban dengan salah satu pilihan adalah jawaban dari pertanyaan tersebut, pertanyaan terbuka, atau lainnya. Apabila guru membuat pertanyaan yang membutuhkan gambar, table, grafik dan sebagainyanya pada aplikasi ini memungkinkan untuk itu.  Setelah pertanyaan sudah disusun, dan sudah siap, maka pertanyan dapat didistribusikan kepada siswa dengan menginfokan menggunakan 6 (enam)  kode angka  yang muncul secara otomatis saat pertanyaan akan dibagikan kepada siswa.
Aplikasi ini akan menginformasikan analisis soal; mengetahui pertanyaan yang dijawab benar oleh siswa dan pertnayaan yang dijawab salah oleh siswa. Informasi lain adalah guru akan mendapatkan informasi siswa dengan skor tertinggi. Kelebihan aplikasi ini adalah dapat digunakan diluar jam pelajaran, untuk Pekerjaan Rumah (PR) misalnya. Jika aplikasi ini digunakan untuk membuat tugas PR, maka dapat diatur batas waktu pengerjaannya. Pertanyaan dalam aplikasi ini dapat diacak sehingga jika digunakan untuk sebuah tes, kesempatan menyontek dapat diperkecil.

3.Memrise
Memrise adalah alat pembelajaran bahasa yang kuat dan serbaguna yang menggunakan teknik mnemonik dan pengulangan terjadwal untuk meningkatkan retensi informasi. Dengan fitur interaktif, video dari penutur asli, dan konten yang dibuat oleh pengguna, Memrise menawarkan pengalaman belajar yang menyenangkan dan efektif. Dengan konsistensi dan pendekatan yang tepat, pengguna dapat mencapai kemajuan signifikan dalam pembelajaran bahasa mereka menggunakan Memrise.

4.Quizlet
Quizlet merupakan perangkat sederhana yang mudah digunakan serta inovatif yang dapat membantu peserta didik untuk belajar. Quizlet dapat diunduh melalui playstore maupun diakses melalui https://quizlet.com/. Tercatat lebih dari 20 juta pengguna Quizlet aktif mengunjungi Quizlet, baik melalui website maupun aplikasi setiap bulannya. Aplikasi ini mudah digunakan untuk segala usia, mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi (Vargas, 2011). Aplikasi ini diolah dan dioptimalkan untuk tujuan belajar, tidak hanya pada bidang bahasa saja, akan tetapi disiplin ilmu lainnya dapat memanfaatkan aplikasi ini untuk membuat set atau materi bahan ajar sekaligus melakukan evaluasi pembelajaran melalui Quizlet.

5.Duolingo
Duolingo adalah aplikasi pembelajaran bahasa yang dirancang untuk membantu pengguna mempelajari bahasa baru melalui pendekatan yang menyenangkan dan interaktif. Dikenal dengan karakter-karakter animasinya yang menggemaskan dan metode pembelajaran berbasis permainan, Duolingo telah menjadi salah satu aplikasi terpopuler di dunia untuk belajar bahasa. Aplikasi ini menawarkan pelajaran dalam berbagai bahasa, dari bahasa Inggris, Spanyol, Prancis, hingga bahasa yang kurang umum seperti Swahili.

6.Classpoint
Classpoint adalah aplikasi tambahan yang digunakan pada aplikasi presentasi yang biasa kita gunakan. Dengan Classpoint, kegiatan belajar-mengajar dapat menjadi lebih interaktif. Pengajar bisa langsung memberikan pertanyaan pada slide presentasi dengan beragam tipe jawaban. Menariknya, jawaban peserta didik dapat tersimpan pada aplikasi. Tidak hanya pertanyaan mengenai materi pelajaran yang bisa disampaikan, tetapi refleksi hingga ice breaking pun juga bisa dilakukan pada aplikasi ini.

Bagaimana Bapak/Ibu Guru Hebat terbayang bahagianya apabila kita sebagai pengajar sangat ditunggu kehadirannya oleh peserta didik karena kita selalu membawa keseruan dalam pembelajaran. Peserta didik tidak bosan, jenuh, dan kesulitan memahami materi lagi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun